Kapoldasu: Polisi Harus Mampu Berbaur Dengan Masyarakat

Kapolda Sumatera Utara, Irjen. Pol. Drs. Paulus Waterpauw saat melakukan kunjungan kerja di Mapolres Samosir, Sabtu (02/09/2017) | foto: HS
Partukkoan - Samosir

Kunjungan kerja Kapolda Sumatera Utara Irjen. Pol. Drs. Paulus Waterpauw mendapat sambutan yang baik sekaligus dibulangi-bulangi secara adat oleh tokoh adat Samosir di Mapolres Samosir, Sabtu (2/9/2017).

Pada kesempatan itu, Kapolda mengapresiasi sambutan yang diberikan pihak jajaran Polres Samosir. "Terimakasih atas sambutannya. Samosir kepingan surga ini adalah sebuah tempat yang indah dan nyaman," katanya.

Dikatakannya, saat melintasi Tano Ponggol, Paulus mengaku baru melihat secara langsung Terusan Tano Ponggol yang pernah dibangun Belanda. 

"Ada program pemerintah pusat melalui Pak Presiden Joko Widodo untuk membuat Tano Ponggol lebih indah lagi. Saya sangat mendukung. Jadi mari kita dukung bersama dengan semangat," pinta mantan Wakil Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri itu.

Paulus menambahkan, sebagai seorang pimpinan, harus mampu membawa kebijakan dan solusi dalam pemecahan masalah yang terjadi di masyarakat serta dalam penegakan hukum. "Kalau tidak mampu lagi silahkan lempar ke polda," tegasnya.

Kapolda juga mengingatkan bagi seluruh jajaran porseni polres samosir agar tetap memiliki pedoman. "Jika kurang baik tinggalkan, yang baik pedomani," pungkasnya.

Mantan Kapolda Papua ini meminta dengan tegas kepada seluruh jajarannya untuk tetap menjaga wibawa institusi polri. "Sudah banyak oknum polisi dipecat terkait narkoba. Disini saya melihat penyesalan selalu datang terlambat maka jagalah institusi ini dengan baik," tandasnya.

Seorang polisi menurutnya harus mampu hadir di tengah-tengah masyarakat. Dengan cara pendekatan atau cara blusukan katanya merupakan metode yang sangat lebih efektif membangun komunikasi antara tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan juga tokoh agama.

Di tempat yang sama, Kapolres Samosir AKBP Donald P. Simanjuntak Si.K dalam laporannya mengatakan, lebih mengutamakan kearifan lokal dalam menangani masalah seperti pendekatan secara kekeluargaan. "Setiap permasalahan, kita selalu coba memfasilitasi dan komunikasi kepada semua pihak," pungkasnya.

Oleh: Hatoguan Sitanggang
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment