Kerjasama Dibidang Pelabuhan, Kemenhub dan Pemkab Samosir Teken Kerjasama

Penandatanganan Kerjasama | foto: SMS
Partukkoan - Samosir

Demi mendukung Destinasi Parawisata Danau Toba, Pemkab Samosir tampaknya bekerja extra keras dalam mewujudkan Samosir menjadi Kota Wisata bertaraf internasional.

Berbagai pembenahan serta pembangunan sarana dan prasarana terus ditingkatkan di kabupaten Samosir. Seperti Pembangunan Jalan Lingkar Samosir yang bersumber dari APBN sedang dalam pengerjaan. 

Termasuk dengan pembenahan pinggiran Danau Toba yang ada di Kabupaten Samosir terus dilakukan. Untuk itu, pemkab Samosir berupaya terus melakukan pengajuan permohonan kepada pemerintah pusat, agar dapat membantu kabupaten Samosir menuju Kota wisata, baik dalam bentuk DAK, DAU, maupun dalam bentuk hibah.

Kabupaten Samosir merupakan daerah yang dikelilingi perairan Danau Toba, akses darat menuju kabupaten Samosir hanya melalui lintas Tele (tanah ponggol/jembatan).

Dua pelabuhan andalan yang selama ini ada di Samosir, belum layak dan harus dilakukan pembenahan dan pembangunan, demi menuju 2019 "Samosir Kota Wisata" yang bertaraf internasional (Bali yang ke -red).

Bernilai positif, respon Pemerintah pusat sepertinya mendukung sepenuhnya dengan program program pemerintah daerah Kabupaten Samosir, untuk mewujudkan Samosir sebagai Kota Wisata yang bertaraf intenasional.

Melalui Kementerian Perhubungan Dirjen HubDar, pemerintah pusat menghibahkan berupa lahan areal  untuk pembangunan pelabuhan di kabupaten Samosir, dan telah menandatangani dalam bentuk kerjasama dimulainya pembagunan pelabuhan bertaraf internasional.

"Pembangunan pelabuhan tersebut berada di dua titik, yakni Simanindo dan Ambarita, dengan pagu indikatif kisaran Rp.100 miliar, dan sudah dilakukan lelang serta pembangunan nya dilaksanakan segera tahun ini dengan sistem multiyears", kata Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon via pesan Whatsaap kepada wartawan, Selasa (12/9). (S.M. Simanjuntak)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment