Status Gunung Agung Naik Level, Warga Dievakuasi

Gunung Agung
Partukkoan - Karangasem

Status Gunung Agung saat ini sudah mencapai level awas. Untuk itu, pihak Pemerintah Kabupaten Karangasem telah mengevakuasi warga di 20 desa di Kabupaten Karangasem.

"Radius 9 kilometer itu itu ada sekitar 20 desa, itu penduduknya kurang lebih sekitar 64 ribu itu yang ada," kata Wakil Bupati Karangasem, Wayan Artha Dipa di Pos Pantau Gunung Agung, Banjar Rendang, Karangasem, Bali, Jumat (22/9/2017).

Wayan menerangkan, hingga kini pihaknya masih terus melakukan evakuasi warga yang berada di radius 12 kilometer dari Gunung Agung. Dia pun memastikan warga yang berada di ketinggian 700-950 meter di atas permukaan laut (Mdpl) atau radius 9 kilometer dari Gunung Agung sudah dievakuasi semuanya.

"Sesuai dengan data yang disampaikan oleh vulkanologi hari ini di radius yang ketinggian 950 Mdpl sebetulnya di ketinggian 700 Mdpl, orangnya sudah habis. Artinya di radius 9 kilometer sudah tidak ada lagi," ungkap Wayan. 

Naiknya status Gunung Agung ke level IV, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei akan menggelar rapat nasional hari ini, Sabtu (23/9) siang.

"Kita akan rapat tingkat nasional pukul 13.00 WITa besok (hari ini). Kita akan dirikan posko nasional sebagai pendamping, tetapi penanggungjawab penuh ada di Pemda Karangasem," kata Willem di Pos Pantau Gunung Agung, Desa Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali, Jumat (22/9/2017) malam.

Naiknya status gunung yang memiliki ketinggian 3.142 Mdpl itu juga akan diikuti dengan pemasangan tanda jarak radius 12Km dari kawah. Maka, diharapkan petugas maupun masyarakat tahu mana jarak aman dan jarak berbahaya.

Daya Letus Gunung Agung Tidak Pernah Kecil

Pakar Vulkanologi, Surono, menyebutkan, karakter erupsi gunung berapi yang berstatus awas tersebut, letusannya tidak pernah kecil. Artinya, memang harus waspada. 

Surono bahkan memberikan perbandingan dengan Gunung Merapi di Yogyakarta. Menurutnya, Erupsi Gunung Agung selalu lebih besar dari Gunung Merapi. Sebagaimana diketahui, Gunung Berapi pernah erupsi pada tahun 2010 dan letusannya tersembur hingga 1,5 Km ke atas. (P-02)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment