Pengurus Parna Indonesia Tahun 2017 Resmi Dilantik

Para pengurus yang dilantik | IST
Partukkoan - Jakarta

Para pengurus Pomparan Ni Raja Nai Ambaton (PARNA) untuk periode 2017-2022 telah resmi dipilih dan dilantik oleh Ketua Dewan Pembina Marihad Simbolon di Sari Pan Pacific Hotel, di Jalan M.H. Thamrin Jakarta Pusat, Sabtu (11/11/2017).

Pengurus yang dilantik diantaranya adalah Letjen TNI (Purn.) Cornel Simbolon, M.Sc didaulat sebagai Ketua Umum dan sebagai wakilnya dipercayakan kepada Dr. Ir. Raidir Sigalingging, SE.

Dalam sambutannya, Marihad Simbolon mengharapkan agar para pengurus dapat membawa Parsadaan ini menjadi lebih baik ke depannya.

"Keturunan ini harus bisa bersatu dan kompak. Jadi sangat perlu untuk di data berapa jumlah turunan parna di seluruh Indonesia,” kata Marihad. 

Ketua Panitia, Kolonel TNI (Purn) Jalongser Simbolon, SH menyebutkan, dalam acara pelantikan itu, ikut hadir perwakilan dari beberapa provinsi diantaranya Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Surabaya, Medan, Pekanbaru, Duri, Batam dan Bandung dan dihadiri 150 orang undangan.

Prof. Dr. Ir. Tualar Simarmata, MS sebagai Tim Pakar dalam sambutannya mengatakan Punguan Parna adalah punguan yang luarbiasa, karena parna adalah perekatnya dan marga terbanyak di marga Batak.

Sedangkan Cornel Simbolon menegaskan bahwa visi, misi dan tujuan punguan ini adalah untuk menjunjung tinggi nilai-nilai budaya batak bangsa Indonesia serta pesan dari Raja Nai Ambaton. 

“Meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kesejateraan dan ciri khas Parna adalah Sisada anak, sisada boru, sisada lungun, sisada siriaon, na unang na tokka naso jadi marsibuatan,” tegasnya.

Lebih lanjut, program kerja Parna kedepan, melakukan konsolidasi, menata struktur organisasi dan mendukung suksesnya pembangunan Kawasan Danau Toba.

“Untuk tahun depan, Parna akan mengadakan pesta Bolon di Samosir dan membuat monumen Parna,” terang Cornel.

Berdasarkan Surat Keputusan nomor 01/SK/PARNA/XI/2017, berikut adalah nama-nama pengurus Parsadaan Raja Naiambaton Indonesia:

Ketua Dewan Pembina adalah Marihad Simbolon dan Wakil ketua adalah Prof. Dr. Djuang Sitanggang, MM serta anggotanya.

Dewan Penasehat adalah dipilih dari salah satu ketua marga dimana anggotanya adalah semua Ketua Marga Parna Se-Indonesia (ex-officio). Dewan Pakar adalah Prof. Dr. Ir. Tualar Simarmata MS dan Drs. Edward Sigalingging M.Sc sebagai wakilnya, lengkap dengan anggota-anggotanya.

Untuk pengurus harian diantaranya, Letjen. TNI (Purn) Cornel Simbolon, MS (Ketua Umum), Dr. Ir. Raidir Sigalingging, SE (Wakil Ketua Umum), DR. Haposan Siallagan ,SH MH (Wakil Ketua I), Sahala Hasoloan Sidjabat (Wakil Ketua II), Kolonel TNI  (Purn) Jalongser Simbolon, SH (Wakil Ketua III), Dr. Jonny Buyung Saragih , SH, MH (Wakil Ketua IV), Kolonel TNI Nasib Simarmata, SH, M.Si (Wakil Ketua V) dan Letkol (Purn) TNI Hot Raja Sitanggang (Wakil Ketua VI).

Badan Pengawas diketuai oleh Drs. Hamonangan Simarmata beserta beberapa anggotanya. Ir. Martuama Saragi, MM sebagai Sekretaris Jenderal dengan beberapa wakilnya dan Drs Barmen Sijabat sebagai Bendahara Umum lengkap dengan wakil-wakilnya.

Kepengurusan ini juga dilengkapi dengan beberapa bidang, berikut adalah nama-nama ketua dari masing-masing bidang.

Bidang Adat, Abdon Simarmata, Bidang Seni dan Budaya Manusun Sitanggang, MBA, Bidang Sosial Pahala Simbolon, Bidang Kesehatan dr. Yosia Ginting, S.Pd, Bidang Kerohanian Pdt. Viktor Tinambunan, MST, Bidang Lingkungan Hidup Mangaliat Simarmata, Bidang Organisasi dan Kelembagaan Pdt. Dr. Herry Sitio, Bidang Hukum Paltiada Saragi , SH, MH.

Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Dr. Ir. Djamester Simarmata, Bidang Usaha Charles Simbolon, Bidang Dana Osbal Saragih, Bidang Informasi dan Komunikasi (Infokom) Ludovikus Nadeak, S.Si, SE., MM, Bidang Sumberdaya Manusia (SDM) St. Ir. Salman Sijabat, M.Sc, Bidang Pendidikan Dr. Bongsu Tamba, Bidang Pemuda Ir. Tumpal Manaris Simarmata, Bidang Olah Raga Joyada Siallagan, SH., MH dan semua bidang dilengkapi dengan beberapa anggota.

Sementara untuk kordinator wilayah ada enam bagian yaitu, Korwil I (Sumut Aceh) diketuai St. Mangasi Sitanggang, SE, Korwil II (Sumatera, Non Sumut dan Aceh) diketuai Pdt. Tumpak Manihuruk dari Batam, Korwil III (Jabodetabek dan Banten) diketuai Dr. Marhaban Sigalingging, Korwil IV (Jawa, Bali, NTT, dan NTB) diketuai Olopan Sidjabat dari Bali, Korwil V (Kalimantan dan Sulawesi) diketuai Torus Tamba dari Kaltim dan Korwil VI ( Maluku dan Papua) diketuai Drs. Saur Simbolon,M.Pd dan semua kordinator wilayah dilengkapi dengan beberapa anggota. (Riaueditor/JS/P-02)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment