Bupati Samosir Harapkan Warganya Pilih Gubernur Yang Peduli Samosir

Bupati Samosir saat menyampaikan materinya pada acara sosialisasi KPU Samosir |foto: Suriono Brandoi
Partukkoan - Samosir

KPU Samosir Gelar Sosialisasi terhadap organisasi masyarakat dan lembaga swadaya masyarakat se-Kabupaten Samosir tentang tahapan penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara Tahun 2018 di Aula Guest House HKBP Pangururan, Selasa, 12 Desember 2017.

Ketua KPU Samosir, Suhadi Situmorang lewat sambutannya mengatakan indikator suksesnya Pilgubsu tahun 2018, bilamana partisipasi pemilih berbanding lurus dengan dana yang dianggarkan. Lebih lanjut, Suhadi mengatakan, KPU Samosir memiliki target sebesar 77,50 % untuk partisipasi pemilih dalam pemilihan gubernur Sumatera Utara Tahun 2018. 

Namun, Suhadi sendiri mengaku pesimis dengan partisipasi pemilih. Pasalnya, masyarakat di Samosir masih kebanyakan apatis dan skeptis.

"Saat pemilihan Bupati Samosir saja beberapa waktu yang lalu, partisipasi masyarakat tidak sampai 60%. Apalagi pemilihan gubernur yang tidak bersentuhan langsung dengan masyarakat Samosir," ucap Suhadi.

Meski demikian, Suhadi tetap optimis target 77,50% akan tercapai. Terlebih dengan bantuan organisasi masyarakat serta lembaga swadaya masyarakat turut membantu mensosialisasikan kepada masyarakat agar ikut serta berpartisipasi mensukseskan pilgubsu Sumatera Utara Tahun 2018.

Di lokasi yang sama, mantan ketua KPU Tapanuli Utara, Erids Aritonang sebagai narasumber menerangkan materi tentang "Partisipasi Politik yang bermoral menuju Pilgubsu 2018." Kemudian narasumber lainnya, Bupati Samosir, Rapidin Simbolon membawakan materi tentang peran pemerintah daerah dalam pemilihan kepala daerah (Pilgubsu).

Dalam sambutan Bupati Samosir mengharapkan supaya pada pemilihan nanti, masyarakat bijak dalam memilih serta mengharapkan partisipasi masyarakat dalam memilih.

"Kami harapkan agar masyarakat Samosir bijak dalam memilih. Memilih gubernur yang peduli dengan Samosir. Sehingga nantinya, pada pilgubsu, gubernur yang terpilih mendatang pemimpin yang peduli dengan Samosir. Karena selama ini, Gubernur Sumut kurang memperhatikan Samosir. Seolah-olah Samosir bukan bagian dari Sumut," pungkas Rapidin Simbolon.

Oleh: Suriono Bandroi Siringoringo
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment