Gelar Tatap Muka Dengan Wartawan, Ini Yang Dibahas Panwaslu Samosir

Suasana Gelar Tatap Muka Panwaslu Samosir dengan wartawan | foto: Suriono Brandoi.
Partukkoan - Samosir

Guna menyerap masukan, kritik dan saran dari berbagai elemen masyarakat terkait pengawasan Pemilu, Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Samosir  menggelar tatap muka dengan insan pers yang bertugas di Samosir, Selasa, 12 Desember 2017 di kantor Sekretariat Panwaslu Samosir, Jalan Raya Riniate No 26, Siambalo Pangururan. 

Ketua Panwaslu Samosir, Anggiat Sinaga, yang didampingi anggota Panwaslu lainnya, Robintang Naibaho dan Rianto Nainggolan menyampaikan, pihaknya mengundang pers dalam kegiatan karena pers merupakan pilar terdepan dalam penyaluran informasi bagi publik termasuk dalam hal pengawasan proses pilgubsu hal itu menjadikan pers memiliki peran penting dalam mengawal proses demokrasi itu sendiri.

“Dalam kesempatan ini kami berharap mendapat banyak masukan, saran maupun informasi penting terkait pengawasan dari rekan media sekalian. Pengawasan sangat erat dengan kerja pers, untuk membuka informasi ke publik dan hanya pers yang bisa menyampaikan informasi ke publik,” ujar Anggiat Sinaga. 

Merujuk pada UU nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers menurut Anggiat, pers juga berfungsi sebagai bagian dari pengawasan. Harapannya dalam proses pemilihan kepala daerah Sumatera Utara, pers akan mengambil peran secara aktif.

Pantauan wartawan, beragam saran dan masukan disampaikan awak media dalam sosialisasi itu. Utamanya isu-isu krusial menyangkut keterlibatan ASN dalam politik praktis, politik uang, integritas penyelenggara, kampanye negatif bahkan hingga pengawasan saat tahapan pungut hitung.

Salah seorang wartawan Jabarang Simbolon, mengharapkan agar Panwaslu Samosir tegas dan bijak dalam menjalankan tugas terlebih dalam menindak pelanggaran-pelangaran dalam proses pilgubsu khususnya di Samosir.

Mantan ketua KPU Tapanuli Utara, Erids Aritonang yang turut hadir dalam acara dan bertindak sebagai narasumber mengatakan, peran pers dalam mensukseskan pilgubsu sangat penting karena pers dapat bersentuhan langsung dengan masyarakat dan mampu melihat langsung pelanggaran pilgubsu dilapangan yang mungkin nantinya tidak terjangkau Panwaslu. 

Sehingga ia berharap pers turut serta mensukseskan pilgubsu dengan menjadi perpanjangan tangan di lapangan untuk mengawasi pelanggaran-pelangaran.

Oleh: Suriono Bandroi S.
Editor: Marco
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment