Ternyata Kedai Tuak Pun Bisa Jadi Objek Wisata

Ilustrasi kedai tuak
Partukkoan - Tobasa 

Bicara tentang objek wisata maka yang ada adalah hal-hal yang unik yang dapat dijadiakan sebagai daya tarik wisatawan. Bukan mesti mewah, bisa juga sederhana namun menarik dan berpotensi menarik perhatian. Di daerah Tobasa misalnya, ada partonun, sawah, bahkan kedai tuak yang dapat dijadikan sebagai objek memiliki daya tarik wisata.

“Turis mancanegara berkunjung ke Indonesia bukan sekedar menikmati fasilitas mewah. Tetapi ingin melihat langsung dan merasakan alam serta kehidupan masyarakat di objek kunjungan. Jadi, keaslian daerah itu menjadi daya tarik. Itu yang mereka mau,” kata Hilde Turiana Hutapea narasumber pada acara sosialisasi kelompok sadar wisata yang digelar Dinas Pariwisata Kabupaten Tobasa di Kafe Bunga Toba di Balige, Selasa (5/12/2017) lalu.

Sebagai seorang tour guide yang telah berpengalaman, Hilde mendapat pelajaran banyak terkait keinginan para turis.  

Dikatakannya, turis mancanegara lebih berminat jika dapat berinteraksi langsung dengan penduduk. Mengalami apa yag ada di daerah itu, baik alam, budaya, minuman, makanan, entertaimen.

“Seperti contoh kecilnya kedai tuak, ini juga dapat menjadi daya tarik wisata. Sebab, di sana ada interaksi masyarakat secara langsung. Ada budaya, minuman khas, musik tradisional, ada kuliner daerah itu. Hal ini menarik bagi turis,” terangnya.

Tobasa tambah dia, layak menjadi kunjungan wisatawan mancanegara, meski masih harus banyak berbenah. Karena banyak hal yang dapat menjadi daya tarik wisata di samping keindahan alam Danau Toba.

“Kita ada banyak budaya dan keindahan alam lainnya. Namun demikian masih perlu kita dongkrak menyangkut sadar wisata. Seperti ramah tamah, bersih, juga tentang keamanan dan kenyamanan pengunjung yang perlu diprioritaskan,” pungkasnya.

Narasumber lainnya, Direktur Pemasaran BPODT Basar Siamanjuntak berpesan agar semua pihak peduli. Masyarakat juga harus menyiapkan pribadi masing-masing dalam hal sadar wisata.

Sementara itu, Kadis Pariwisata Tobasa Ultri Sonlahir Simangunsong mengharapkan supaya pelaku sadar wisata bukan hanya sebagai penonton tapi juga mampu sebagai pelaku-pelaku wisata. "Tujuannya, agar kedepan pertumbuhan ekonomi semakin meningkat," katanya. (NT/P-02)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment