Veronika Simbolon Kembali Pimpin WKRI Kabupaten Samosir

Partukkoan - Samosir

Wanita Katolik RI (WKRI) DPC Samosir menggelar konferensi cabang yang ke-X di Aula Paroki Santo Mikhael Pangururan, Jumat, 02 Desember 2017. Dengan tema, "Wanita Katolik Republik Indonesia Berperan Aktif meningkatkan kwalitas hidup dan kehidupan dengan mengentaskan kemiskinan dan meniadakan kekerasan."

Konfercab WKRI Cabang Samosir ini dihadiri Presidium Dewan Pengurus Daerah Sumut, Sarina Sijabat dan juga dihadiri Tina Agustina Panjaitan, istri Wakil Bupati Samosir sebagai perwakilan pimpinan daerah Samosir.  Acara dimulai pukul 10.00 dengan diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya, mengheningkan cipta kemudian menyanyikan mars WKRI serta laporan ketua Panitia pelaksana oleh Sinta Mauly Agnes Tamba, SH, MKn.

Ketua Panitia Pelaksana Konfercab WKRI, Sinta Mauly Agnes Tamba, SH, MKn lewat laporannya menyampaikan bahwa Acara yang digelar dua hari ini bertujuan untuk melaporkan pertanggungjawaban kepemimpinan pengurus pada masa bhakti 2014-2017, dan menyusun program kerja untuk 3 tahun yang akan datang serta memilih pemimpin yang baru untuk periode 2017-2020. 

Sementara itu, Ketua Cabang WKRI Samosir, Veronika Simbolon, SE menyampaikan sambutan dan terima kasihnya kepada seluruh anggota WKRI Cabang Samosir atas kepercayaan yang telah diberikan kepadanya untuk menjalankan dan mengelola WKRI periode 2014-2017.

"Terima kasih untuk tekad kita bersama serta untuk persahabatan yang semakin kokoh kita bangun dalam memperjuangkan peningkatan kualitas perempuan Indonesia khususnya yang ada di Samosir yang menghasilkan Karya-karya bagi pelayanan dan pengabdian untuk keluarga, gereja dan masyarakat," kata Veronika Simbolon.

Seusai sambutan ketua WKRI DPC Samosir, sambutan pimpinan Paroki Santo Mikhael Pangururan, Pastor Nelson Sitanggang, OFM, Cap, Presedium WKRI DPD Sumut, Sarina Sijabat dan Bupati Samosir yang diwakilkan Tina Agustina Panjaitan sekaligus membuka acara, selanjutnya acara dilanjutkan dengan seminar gender yang dibawakan oleh Sinta Mauly Agnes Tamba.

Sinta mengatakan, perempuan Indonesia khususnya perempuan Samosir mampu mencapai kesetaraan gender jika memenuhi tigal hal, yakni ketika ekonomi, pendidikan dan kesehatan perempuan dalam keadaan baik. 

Maka dari itu, Sinta mendorong kaum perempuan untuk memiliki kemandirian ekonomi dan peran perempuan dinilai begitu penting dalam aktivitas perekonomian keluarga. 

Menurut Sinta, akses perempuan terhadap kesejahteraan dan ekonomi lainnya harus diperluas, sehingga setelah itu perempuan bisa mandiri. "Perempuan yang mandiri secara ekonomi akan meningkatkan kesejahteraan keluarga dan mengurangi angka kemiskinan," kata Sinta.

Setelah acara seminar, dilanjutkan dengan sidang pleno pengesahan tata tertib acara pemilihan ketua WKRI Cabang Samosir yang baru, sidang pleno laporan pertanggungjawaban DPC, rencana kerja dan sidang pleno pemilihan Ketua WKRI Cabang Samosir yang baru. 

Dari hasil perhitungan suara, Veronika Simbolon terpilih kembali sebagai ketua WKRI Cabang Samosir periode 2017-2020 dan Anni Theresia Simamora sebagai wakilnya. Yang kemudian dilantik oleh Presedium DPD Sumut, Sarina Sijabat serta mendapat berkat dari Pastor Nelson Sitanggang, lewat misa pelantikan.

Oleh: Suriono Bandroi Siringoringo
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment