Banyaknya Harta Bupati Ini Diduga Hasil Korupsi


Partukkoan - Medan

Banyaknya harta hingga miliaran rupiah milik Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) nonaktif Rita Widyasari membuat dirinya menjadi sorotan. Tersangka dugaan suap dan gratifikasi serta TPPU itu memiliki banyak barang mewah yang harganya fantansis.

Informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, total harta kekayaan Rita tahun 2015 mencapai Rp 236.750.447.979 dan USD 138.412. Angka itu meningkat cukup signifikan dari total kekayaannya yang dilaporkannya 23 Juni 2011, total hartanya Rp 25.850.447.979 dan USD 138.412.

Harta dalam bentuk bidang tanah juga dimilikinya dan tersebar di Kabupaten Kutai Kartanegara sebanyak 53 lokasi dan satu lokasi di Jakarta Pusat.

Total harta tak bergerak tersebut sebesar Rp 12,05 miliar. Rita juga memiliki harta bergerak berupa kendaraan roda dua dan empat senilai Rp 2,8 miliar. Mobil-mobil yang dimiliki Rita di antaranya Ford Everest, Toyota Crown, Hyundai, Mazda, BMW dan VW Caravelle.

Kader Golkar itu juga memiliki perkebunan kelapa sawit yang luasnya mencapai 200 hektare, dengan nilai Rp9,5 miliar. Rita juga memiliki tambang batu bara senilai Rp 200 miliar.

Rita memiliki logam mulia senilai Rp500 juta, batu mulia seharga Rp4,5 miliar dan benda bergerak lainnya sebesar Rp 660 juta. Selain itu, dia menyimpan giro dan setara kas senilai Rp 6,7 miliar dan USD 138.412.

Empat mobil mewah diduga milik Bupati Kutai Kartanegara juga telah diamankan. Keempat mobil itu adalah mobil Alphard putih bernomor polisi KT 7 KK, lalu Land Cruiser hitam KT 1408 CS, dan Ford Ranger kuning KT 168 CK serta Hummer KT 7 RW.

Dari TPPU dan hasil gratifikasi yang diterimanya salah satu temuan KPK ialah Rita menggunakan uang tersebut untuk membeli 40 tas mewah berbagai merek ternama. 

Tas tersebut dijadikan barang bukti oleh KPK dalam kasus ini. Pembelian tas itu diduga untuk menyamarkan hasil penerimaan gratifikasinya. Puluhan tas mewah bermerek itu dipastikan asli oleh KPK karena memiliki sertifikat.

Terkait puluhan koleksi tas mewahnya, Rita menyampaikan hal itu biasa saja sebagaimana perempuan lainnya. "Tas? Saya ini perempuan jadi biasa saja," kata dia.

Ditanya terkait tas favoritnya dari puluhan tas itu, ia mengatakan semua menjadi favoritnya. "Semua tas favorit saya," kata dia.

Rita juga enggan menjawab di mana ia membeli tas-tas tersebut. Bahkan ia berseloroh ada juga tas yang dibelinya itu palsu alias KW. "Di mana-mana (belinya). Banyak juga yang palsu. Ya namanya juga cewek," kata dia sembari menuju mobil tahanan KPK.

Berdasarkan perhitungan KPK, sejauh ini Rita diketahui membelanjakan hasil gratifikasinya sebesar Rp 436 miliar, termasuk di dalamnya pembelian tas tas mewah. Selain itu, politisi Golkar ini juga membelikan sejumlah aset berbentuk mobil, apartemen, tanah dan aset lainnya atas nama orang lain.

Uang senilai Rp 436 miliar itu juga menjadi materi pemeriksaannya hari ini. Rita mengatakan uang tersebut termasuk nilai aset tambang yang dimilikinya. "Saya kan punya tambang. Tambang batubara di Kukar. Saya punya tambang, ibu saya punya tambang, kakak saya punya tambang. Jadi itulah yang dinilai. Itu aset saya," katanya. (mdk)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment