Tahun 2017, Ini Kecamatan Terbaik Dalam Hal PBB di Samosir

Camat Sianjur Mula-mula,  Rudi HJ Sitorus saat ditemui diruang kerjanya
Partukkoan - Samosir

Dari 9 Kecamatan di Kabupaten Samosir, untuk pelaporan Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) tahun 2017, Kecamatan Sianjur Mula-mula, meraih tropi sebagai Kecamatan terbaik dalam hal penyampaian laporan PBB P2.

Kecamatan Sianjur Mula-mula dengan 12 Desa diantaranya Desa Ginolat, Desa Sianjur Mula-mula, Desa Siboro, Desa Singkam, Desa Sarimarrihit, Desa Huta Ginjang, Desa Huta Gur-gur, Desa Aek Sipitudai, Desa Boho, Desa Habeahan Naburahan, Desa Hasinggaan, dan Desa Bonan Dolok, menjadi Kecamatan terbaik pelaporan PBB P2, karena pembayaran tepat waktu.

"Tahun 2017 lalu, kita mendapat tropi dari PT Bank Sumut diberikan langsung oleh Direktur Utama (Dirut) PT Bank Sumut didampingi Bupati Samosir Rapidin Simbolon, Kepala Cabang Bank Sumut Pangururan, di Kantor Cabang Bank Sumut Pangururan, sebagai hadiah Kecamatan terbaik pelaporan PBB P2," kata Camat Sianjur Mula-mula, Rudi HJ Sitorus, kepada wartawan, Rabu (10/1/2018).

Rudi menyampaikan, realisasi pembayaran PBB P2 Kecamatan Sianjur Mula-mula tahun 2017 posisi Oktober telah tuntas 100%, sebesar Rp 71.533.239.

Untuk status kepemilikan tanah kata Rudi, Kecamatan Sianjurmulamula masih tanah komunal. "Memang, kebanyakan masih tanah komunal (milik satu keluarga yang belum dibagi), ini yang menjadi kendala dalam penertiban sertifikat tanah," terang rudi.

Untuk itu Rudi menghimbau dan berharap kepada masyarakat Sianjur, bila status tanah itu milik beberapa orang dalam satu keluarga, agar bermusyawarah, dan mau memberikan hak kuasa kepada saudara yang tinggal di kampung. Sehingga dapat disertifikatkan.

Sebelumnya, Kepala BPN Samosir Jusen Damanik menyampaikan, tahun ini, Kabupaten Samosir mendapat kuota sebanyak 4.000 sertifikat gratis dari APBN, dan berharap, Januari ini masyarakat berlomba memanfaatkan program pemerintah itu. 

Oleh: Helbos Sitanggang
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment