Infrastruktur dan Irigasi Jadi Prioritas di Sianjur Mulamula

Partukkoan - Samosir

Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM menitikberatkan Pembangunan Infrastruktur dan Irigasi Pertanian di Kecamatan Sianjur Mulamula. Hal itu dikatakannya pada pembukaan Musrenbang Kecamatan Sianjur Mulamula Rabu (21/02/2018) di Aula Kantor Camat Sianjur Mulamula.

Infrastruktur dimaksud kata Rapidin, untuk membuka akses masuk yang lebih luas ke Sianjur Mulamula, juga mempermudah wisatawan berkunjung. 

"Keragaman situs budaya yang ada ditempat itu merupakan daya tarik bagi wisatawan sehingga perlu perbaikan dan pembukaan jalur masuk. Hal ini juga untuk menghindari adanya daerah yang terisolasi di Sianjur Mulamula," ucap Rapidin Simbolon.

Hal itu membuat dirinya berkeinginan menuntaskan pembukaan jalan Hutagurgur-Hasinggahan, Pinal-Bahal, Bahal-Binanga ara hingga tembus ke Dairi. 

Sementara untuk irigasi persawahan, Rapidin Simbolon mengharapkan supaya tidak ada persawahan yang kekurangan air. "Sumber air yang ada sangat mencukupi untuk disalurkan apalagi Sianjur Mulamula merupakan salah satu lumbung padi di Kabupaten Samosir," harapnya.

Dia juga berharap peran serta dukungan atau kerelaan masyarakat membebaskan lahan tanpa ganti rugi. Jika lahan tidak tersedia maka akan menghambat laju pembangunan karena kondisi keuangan Pemerintah Daerah tidak mencukupi untuk biaya ganti rugi pembebasan lahan. 

Terkait Dana Desa, Bupati menegaskan agar dananya dipergunakan dengan baik dan dapat dipertanggung jawabkan hasilnya. Dana Desa harus benar-benar mempunyai manfaat kepada masyarakat sehingga kesejahteraan masyarakat semakin meningkat. Masalah pertanggung jawaban Dana Desa, Rapidin menegaskan bahwa pertanggung jawaban tersebut sudah harus selesai paling lambat tanggal 26 Pebruari 2018. 

Anggota DPRD Samosir Bolusson Pasaribu yang turut hadir mengatakan sektor pariwisata Samosir mengalami peningkatan namun masih perlu penataan di beberapa lokasi seperti jalan masuk dan keluar menuju objek wisata air terjun Haduan Nasonggop. 

Kepala Badan Perencanaan Daerah Kabupaten Samosir Rudi SM. Siahaan menerangkan, perencanaan pembangunan untuk tahun 2019 sudah menggunakan sistem E-Planning. Seluruh usulan dari setiap desa yang dirangkum oleh kecamatan semuanya ditampung dan dimasukkan kedalam sistim E-Planning. 

"Selanjutnya, masukan itu akan dibahas dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dengan prinsip skala prioritas utama. Usulan-usulan tersebut akan disesuaikan juga dengan kemampuan keuangan daerah," jelas Rudi.

Dalam musrenbang tersebut, Rudi Sitorus selaku Camat Sianjur Mulamula menyerahkan 135 usulan pembangunan hasil dari rembuk desa yang sudah dilaksanakan sebelumnya kepada pihak Bappeda dan disaksikan Bupati Samosir yang ditanda tangani beberapa saksi dari OPD dan seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Sianjur Mulamula.

Turut Hadir dalam acara musrembang, Jonny Sagala, Plt. Asisten II Saul Situmorang, beberapa OPD terkait, Kabag Humas dan Kerjasama Siswanto Sinambela, para Kades, BPD serta Tokoh Masyarakat Sianjur Mulamula. (***)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment