Pemimpin Menurut Gambaran Alkitab

Nelson Mandela
Partukkoan - Samosir

Pemimpin adalah sosok tokoh atau pribadi yang memiliki kemampuan menghimpun, merangkul dan menyelesaikan secara musyawarah dalam suatu kelompok atau golongan. Artinya pemimpin adalah pribadi yang mempunyai nilai lebih atau kemampuan dalam suatua hal.

Sebagai orang Kristen, ada banyak ayat dalam Alkitab yang menyinggung tentang arti pemimpin, utamanya pemimpin yang baik.

Pada masa awal kepemimpinan, nama Musa paling dikenal. Musa merupakan pemimpin bangsa Israel yang dipakai Tuhan untuk menyelamatkan bangsanya dari cengkraman perbudakan bangsa Mesir. "Waktu kita berada di Gunung Sinai, saya berkata kepadamu: Tanggung jawab untuk memimpin kamu terlalu berat bagi saya. Saya tak dapat melakukannya seorang diri, ditulis dalam Ulangan 1:9.

Namun ia (Musa) kemudian menerima tugas sebagai pemimpin, sebab dirinya percaya ketidaksanggupannya akan di bantu oleh Tuhan dengan kebijakan sebab pemimpin sejati adalah pelayan. 

Sebagaimana tertulis dalam Lukas 22:25-26, Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, "Raja-raja bangsa yang tidak mengenal Tuhan berkuasa atas rakyatnya, dan orang-orang yang berkuasa atas raja-raja itu disebut 'Pelindung Rakyat'. Namun, kamu jangan seperti itu. Sebaliknya, yang paling besar di antara kamu harus bertindak seperti yang paling kecil, dan pemimpin harus menjadi seperti pelayan."

Para pemimpin seharusnya menjadi teladan dalam kerja keras. "Apa pun yang ditemukan oleh tanganmu untuk dikerjakan, lakukanlah itu dengan kekuatanmu. Sebab, tidak ada pekerjaan, pertimbangan, pengetahuan, atau kebijaksanaan di dunia orang mati, tempat ke mana kamu pergi.

Yang paling penting dari seorang pemimpin adalah rasa kasih. Mengasihi anggotanya selayaknya mengasihi diri sendiri. Perlakukanlah orang-orang yang berada di bawah pimpinanmu seperti yang engkau mau mereka perlakukan terhadap dirimu. (Lukas 6:31).

Sementara, pemimpin pada sebuah jemaat adalah pemimpin yang sederha, terhormat, suka menolong dan terampil. Bukan peminum, bukan orang yang kasar dan terpenting tidak dikuasi uang. 

Pemimpin juga manusia, tidak sempurna dan pasti memiliki kekurangan. Untuk itu, Allah sendiri akan membantu dengan memberikan hikmat dan kebijaksanaan kepada seorang pemimpin yang meminta kepadaNya.

Pemimpin suka mendengar nasihat yang baik. Pemimpin memiliki kesabaran yang tinggi, sebab orang yang memiliki kesabaran akan mudah menguasai diri sehingga jauh lebih baik dari orang yang mampu merebut kota.

Jadilah pemimpin menurut Alkitab. Tuhan Memberkati. 
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment