Samosir Panen Jagung Dan Bawang Merah

Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon saat menghadiri panen raya di Kecamatan Onan Runggu Kabupaten Samosir | foto: facebook
Partukkoan - Samosir

Panen jagung dan bawang merah yang dikelola oleh kelompok tani Siriaon Desa Pardomuan Kecamatan Onan Runggu turut dihadiri Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM, Ketua dan anggota DPRD Samosir, perwakilan Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Provsu, LIPI, Plt. Asisten II, beberapa pimpinan SKPD, Kabag, Camat Onan Runggu dan TNI di Desa Pardomuan Kecamatan Onan Runggu, Selasa (13/02).

Sebagai Bupati, Rapidin sangat mengapresiasi para kelompok tani yang telah bertani dengan sungguh-sungguh sehingga dapat melaksanakan panen jagung dan bawang merah. 

Sesuai dengan visi Kabupaten Samosir "Terwujudnya Masyarakat Samosir Yang Sejahtera, Mandiri dan Berdaya Saing Berbasis Pada Pariwisata dan Pertanian", Pemerintah akan terus berupaya untuk meningkatkan sektor pertanian, baik berupa bantuan alsintan, bibit, pembangunan embung dan pompanisasi. 

Tujuan pemerintah adalah untuk mensejahterakan masyarakat sehingga dapat mandiri. Selain memberi bantuan, pemerintah juga sebagai pemberi dorongan dan motivasi. Untuk itu para kelompok tani/petani supaya rajin-rajin untuk bertani. 

"Kelompok tani merupakan satu kesatuan, kelompok tani harus kompak dan bersatu," kata Rapidin.

Kadis pertanian juga diminta agar sering turun ke lapangan dalam memberi penyuluhan, motivasi sekaligus mengkaji apa yang diperlukan para kelompok tani/petani. Lebih lanjut, PPL sebagai petugas lapangan harus selalu aktif memberikan penyuluhan. 

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Samosir drh. Erkanus Simbolon, M.Si dalam laporannya menyampaikan, panen bawang merah dan jagung tersebut merupakan bantuan dari APBN dan APBN-P Kementerian Pertanian RI. Pada Tahun 2017.

Pemkab Samosir mendapat alokasi bantuan pengembangan budidaya jagung seluas 2953 ha dan bawang merah seluas 70 ha serta bantuan berupa bibit padi 500 ha dan bansos kedelai seluas 433 ha. 

Selain itu, Pemkab Samosir juga mendapat alokasi bantuan dari APBD Provinsi Sumatera Utara untuk pengembangan bawang merah seluas 6 ha, cabe merah 5 ha, ubi jalar 10 ha dan bibit padi inbrida 200 ha.

"Dari APBD Samosir untuk bawang merah seluas 4 ha, bawang putih 3 ha, untuk tanaman biofarmaka (jahe merah dan putih) sebanyak 7,5 ton, bibit untuk penangkar kentang sebanyak 6.000 KNOL serta pelaksanaan kegiatan IPAD-BO," pungkasnya. (***)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment