Festival Pasir Putih, Tamu Pakai Ikat Kepala Kain Putih

Tamu undangan saat berjalan menuju lokasi tampak menggunakan ikat kepala kain putih | foto: IST
Partukkoan - Samosir

Festival Pasir Putih digelar hari ini, Sabtu (31/03/2018) di Pantai Indah Situngkir Desa Situngkir Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir. Acara itu rencananya akan dibuka langsung Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon.

Dalam acara itu terlihat para tamu menggunakan ikat kepala dengan menggunakan kain putih yang disediakan oleh panitia penyelenggara dari Dinas Pariwisata Samosir. Salah satu kegiatan yang akan digelar dalam acara itu adalah Manguras Tao. 

Penelusuran partukkoan, "Manguras Tao" merupakan praktik pembersihan dan re-purifikasi secara simbolik untuk menghormati lingkungan danau. Kirab budaya ini akan berlangsung selama 3 jam, mulai pukul 09.00 WIB-12.00 WIB, dengan diikuti berbagai lapisan masyarakat yang mencintai budaya Batak.

Sesi menyusuri jalan menuju Pantai Indah Situngkir sebagaimana diamati wartawan, terlebih dahulu dengan maminta gondang oleh tokoh adat setempat. Hal itu diyakini dapat memperlancar acara hingga selesai nantinya. (P-01)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment