Toilet Bertaraf Internasional di Samosir Diresmikan

Toilet bertaraf internasional di Menara Pandang Tele Kabupaten Samosir | IST
Partukkoan - Samosir

Toilet bertaraf internasional yang sudah selesai dibangun di areal menara pandang Tele, Desa Boho, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir diresmikan, Jumat (23/3/2018).

Toilet dengan sumber dana dari APBN TA 2017 berbiaya Rp 3,3 miliar itu diserahterimakan dari Balitbang Kementerian PUPR ke Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Samosir.

Kepala Seksi (Kasi) Analisis Penerapan Balitbang, Abdul Karim, mengatakan, toilet tersebut dilengkapi dengan teknologi air bersih (teknologi aerasi), air limbah (biofil dan kolam sanita), reserve osmose serta toilet wisata dan menara pandang (one stop place for technologies).

"Sebenarnya ada beberapa lokasi yang dipilih untuk pembangunan toilet bertaraf internasional ini. Melalui diskusi, akhirnya terealisasi di Tele untuk mendukung dan memenuhi kriteria penilaian percepatan Geopark Kaldera Toba (GKT) menuju UNESCO," kata Abdul Karim.

Lebih lanjut, adapun fungsi penerapan teknologi ini untuk meningkatkan kualitas sanitasi dan air bersih disalah satu objek wisata di tepian Danau Toba. Dan manfaat penerapan teknologi, untuk mempermudah akses wisatawan terhadap prasarana sanitasi dan air bersih, meningkatkan pendapatan Pemerintah Kabupaten Samosir dan masyarakat sekitar.

"Toilet ini, diserahterimakan sementara ke Bappeda Samosir dan masih dalam perawatan Balitbang Kementerian PUPR, sebelum dihibahkan nantinya kepada Pemerintah Kabupaten Samosir," tambah Abdul.

Sementara itu, Kepala Bappeda Samosir, Rudi M Siahaan mengucapkan terimakasih atas dukungan dari Kementerian PUPR untuk pembangunan pariwisata Samosir. Selain itu, kepada seluruh pihak yang turut mendukung selama proses pembangunan berjalan hingga tuntas. (Junjungan)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment