Upaya Pemkab Nias Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Pilkada

Ist
Partukkoan - Nias

Pemerintah Kabupaten Nias, Sumatera Utara melakukan upaya supaya partisipasi masyarakat dalam pilkada serentak 2018 meningkat. Untuk itu, semua pemangku kepentingan dihimbau bisa menjadi motivator bagi masyarakat awam, karena berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan, partisipasi politik masyarakat pada pemilihan kepala daerah cenderung menurun.

"Sejatinya, penyelenggaraan pilkada menjadi momentum untuk memperkuat partisipasi politik rakyat, dan tidak hanya sekedar menjadikan pilkada sebagai euforia politik semata," kata Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, Sabtu, (17/03/2018) di Gunungsitoli seperti dilansir antara.

Adanya pelaksanaan pilkada secara langsung lanjutnya, sejatinya partisipasi politik rakyat akan lebih efektif, namun, di berbagai daerah ditunjukkan tentang rendahnya partisipasi masyarakat melaksanakan pilkada.

Rendahnya partisipasi masyarakat berpartisipasi dalam pilkada disebabkan oleh masyarakat yang secara sadar dan mandiri tidak menggunakan hak pilihnya.

Karena pertimbangan sikap yang apatis, masyarakat meyakini jika calon yang bertarung tidak memiliki kapasitas untuk mewujudkan harapan mereka.

Masyarakat secara sadar menyadari bahwa mencoblos atau tidak mencoblos memiliki makna yang sama, dengan arti tidak memberikan pengaruh yang cukup signifikan dalam kehidupan mereka.

"Untuk itu kita semua harus bisa menjadi motivator bagi masyarakat awam di Kabupaten Nias. Sebab masyarakat tidak bisa lepas dari upaya penguatan, partisipasi dan kemandirian masyarakat lewat proses proses yang demokratik," tandasnya.

Ia juga mengingatkan bahwa peran serta warga negara yang sudah dewasa secara politik dalam proses penyelenggaraan pemilu bukan hanya memberikan suaranya di TPS pada hari pemungutan suara.

Tetapi harus ikut mengawal agar proses penyelenggaraan pemilu dilaksanakan sesuai peraturan perundang undangan dan suara yang diberikan ikut menentukan hasil pemilu. (P-02)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment