Edukasi Sadar Wisata Samosir Bersama Kemenpar RI di Pantai Indah Situngkir

Penyerahan alat kebersihan secara simbolis kepada Pokdarwis
Partukkoan - Samosir

Kementerian Pariwisata RI menyebutkan Danau Toba dan juga Pulau Samosir merupakan tempat yang luar biasa. Sehingga pihaknya sangat mengapreasiasi komitmen pemerintah Kabupaten Samosir dalam membangun pariwisata Samosir. 

Demikian disampaikan Asisten Deputi Pengembangan Wisata Budaya, Kementerian Pariwisata RI, Oneng Setiaharini, saat mengikuti edukasi sadar wisata dan sapta pesona (aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramahala, dan kenangan) Jumat (6/4/2018) di Pantai Indah Situngkir, Desa Situngkir, Kabupaten Samosir, Jumat (6/4/2018).

Di kesempatan itu, Oneng juga mengatakan, Danau Toba mendapat peringkat 4 dalam daftar 10 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) sebagai destinasi prioritas pengembangan pariwisata di indonesia. 

"Dan yang membanggakan, dari 10 destinasi prioritas pengembangan pariwisata nasional, tahun ini Danau Toba berada di posisi 4," sebut Oneng.

Dia mengaku, sejak mulai dari Bandara Udara Internasional Silangit, Oneng sudah melihat keindahan alam samosir yang luar biasa.

"Selain objek wisata yang menarik, memang dibutuhkan sarana prasarana yang memadai guna mendukung kenyamanan wisatawan saat berwisata. Saya melihat, aksesibilitas sudah luar biasa. Walau kiri-kanan jalan masih kawasan hutan, tapi jalan sudah begitu mulus. Saya tidak menyangka," katanya.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon yang membuka acara itu mengapresiasi juga meyampaikan penghargaan atas kegiatan sadar wisata dan sapta pesona oleh Kemenpar RI kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Samosir.

Lebih jauh, Rapidin Simbolon menyebut, adanya peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar 80,9 %, dan juga kunjungan wisata di Samosir mencapai 45%.

Dikatakannya, even pertama yang dilaksanakan di Pantai Indah Situngkir berhasil mendatangkan banyak pengunjung. "Dan even-even ini akan percuma kalau masyarakat tidak siap menyambutnya," kata Rapidin.

Dirinya berharap agar masyarakat ikut mendukung program pariwisata di Samosir. Baik penampilan budaya serta objek wisata sudah cukup baik. "Dari sisi pelayanan dan keramahtamahan, senyum, Ini tugas pokdarwis untuk melakukan edukasi sadar wisata," pungkasnya.

Oleh: Junjungan Marpaung
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment