Padang di Goyang Gempa, BMKG Minta Warga Tetap Tenang

Ilustrasi
Partukkoan - Padang

Gempabumi dengan kekuatan 4,0 SR melanda Padang Sumatera Barat sekitar pukul 19.23 WIB, Minggu (15/4/2018). Kejadian itu spontan membuat warga terkejut.

"Kami terkejut, tiba-tiba goyang. Lampu goyang, perasaan kenapa pening, ternyata gempa," kata Susan dihubungi partukkoan via seluler, Minggu Malam (15/04/2018)

Sementara, dari BMKG Padang Panjang menyebutkan, Pusat gempabumi ini berada di laut pada koordinat 1.23 Lintang Selatan dan 100.06 Bujur Timur, sekitar 50 kilometer Barat Daya Padang, Sumatera Barat, pada kedalaman hiposenter 30 kilometer.

"Sesuai laporan dari masyarakan goncangan tersebut dirasakan di Padang dan Padang Panjang berkisar I Skala Intensitas Gempabumi BMKG (SIG-BMKG) atau antara II MMI," kata Rahmat Triyono, Kepala Stasiun Geofisika Klas I Padang Panjang.

Gempa bumi ini katanya termasuk gempa bumi dangkal dengan mekanisme sumber gempanya merupakan sesar naik. Hal ini dapat disimpulkan gempabumi diduga akibat adanya aktivitas subduksi di Pantai Barat Sumatera. 

Pihaknya (BMKG) meminta agar warga di sekitar Padang dan Padang Panjang tetap tenang dan tetap waspada. (P-01/sd)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment