Sidoli Najogi dan Siboru Nauli Temukan Cintamu di Festival Gondang Naposo 2018

Acara Festival Gondang Naposo Tahun 2017 | foto: Junjungan Marpaung 
Partukkoan - Samosir

Festival Gondang Naposo Tahun 2018 yang akan digelar pada tanggal 27-28 April 2018 di Pasir Putih Tandarabun, Desa Dosroha, Kecamatan Simanindo dianggap sebagai kegiatan yang "menantang" bagi para kaum muda mudi. Hal itu karena kegiatan ini mengusung tema "Rebut Cintaku di Festival Gondang Naposo".

Saat ini para peserta yang sudah mendaftar pada kegiatan yang masuk dalam rangkaian Horas Samosir Fiesta (HSF) 2018 ini berasal dari berbagai kota seperti, Tarutung, Siantar dan Medan serta berasal dari Universitas Sumatera Utara (USU), Akademi Pariwisata (Akpar), juga Sanggar Aksara.

"Untuk festival ini, panitia menyediakan hadiah puluhan juta rupiah bagi pemenang, dan malam hari akan dihibur style voice dan romantis trio. Pendaftaran untuk peserta, ditutup besok, 25 April 2018," kata Kabid Promosi Dinas Pariwisata Samosir, Shanty Harianja kepada wartawan, Selasa (24/04/2018).

Lebih lanjut, festival ini adalah festival budaya yang dinanti-nantikan oleh Naposo bulung (muda-mudi) dalam memperlihatkan kemampuan mereka saat manortor (menari), sekaligus sebagai ajang untuk saling berkenalan.

Gondang Naposo ini juga merupakan sarana membina hubungan generasi muda dan pembinaan jiwa kemandirian, bahkan bisa menjadi ajang cari jodoh.

Dijelaskan Shanty, pada saat acara, para peserta akan menampilkan 5 tor-tor, diantaranya tor-tor mula-mula, tor-tor somba, tor-tor hata sopisik, tor-tor kreasi dan tor-tor hasahatan sitio-tio. 

Lalu kriteria yang akan dinilai adalah etika dan sopan santun selama mengikuti lomba, disiplin peserta, wiraga wirama wirasa, ketepatan tor-tor, kostum (penggunaan ulos), narasi dan pemakaian umpasa pamitta gondang serta komposisi/pola lantai, penampilan, kreasi juga keserasian.

Untuk menambah hangatnya suasana romantisme kata Shanty, peserta dan pengunjung, dapat memesan additional package pada malam 27 April 2018, yaitu romantic dinner festival gondang Naposo dengan harga Rp 200 ribu/couple dan Rp 550 ribu/grup (6 orang).

Selain itu, dalam waktu bersamaan, ada juga Even Bersepeda Internasional Toba Audax yang dilaksanakan pada tanggal 28-29 April 2018 dengan diikuti 100 peserta yang berasal dari dalam dan luar negeri.

"Mereka (peserta even sepeda-red)  akan bergabung dengan festival gondang Naposo, dan berkesempatan manortor bersama," pungkas Shanty.

Penulis: Junjungan Marpaung
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment