Sukses Menata Lingkungan, Risma Dipuji Megawati

Saat Sidak pembangunan underpass bundaran satelit | foto: instagram
Partukkoan - Surabaya

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mendapat pujian dari Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri lantaran sukses menata lingkungan hidup di Kota Pahlawan.

Melihat keaktifan wali kota solo itu, Putri Bung Karno itu bahkan bertanya-tanya tentang Risma. "Mbak Risma ini sebenarnya Wali Kota atau preman? Wali Kota, kok, gini lelaki atau perempuan? Kalau lihat mobil dinasnya isinya ada cangkul, sepatu, cetok, dan lainnya," ucap Megawati dikutip dari Antara, Sabtu (28/4).

Menurutnya, Risma telah berhasil menata lingkungan di Kota Surabaya menjadi asri dengan banyaknya taman. Bahkan, dalam waktu dekat, Risma akan membuat Kebun Raya Mangrove di Wonorejo.

Apresiasi yang ditujukan kepada Tri Rismaharini juga karena, selama menjabat, Risma berkenan turun ke lokasi melihat langsung kondisi lingkungan kota dan warga yang dipimpinnya.

Megawati juga mengimbau masyarakat supaya peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Karena, jika hanya mengandalkan peran pemerintah, upaya pelestarian lingkungan akan jadi sia-sia.

"Saya pernah di pemerintahan. Sebagai Presiden RI waktu itu. Jadi, saya pikir semua masyarakat harus turut bergerak memajukan Indonesia melalui lingkungan hidup," ucap Megawati.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dalam paparannya tentang upayanya dalam hal melestarikan lingkungan menyebutkan sudah melibatkan masyarakat, misalnya tentang budi daya sampah.

Dia mencontohkan beberapa kampung di Surabaya yang sudah memiliki program budi daya sampah menjadi pupuk atau melalui Bank Sampah. Hasilnya, kata Risma, saat ini jumlah sampah yang masuk ke tempat pembuang akhir (TPA) menurun hingga 1.000 ton per hari.

Risma mengatakan, pihaknya telah memiliki program urban farming dengan hasil produknya, seperti selada ungu dan selada kriting, meskipun baru disuplai ke hotel bintang lima saja. (mdk/prt)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment