BNPB Hibahkan 1 Unit Kapal Kepada Pemkab Samosir


Partukkoan - Samosir 

Sebagai upaya dalam mendukung kegiatan Badan Bencana Daerah Kabupaten (BPBD) Samosir, pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menghibahkan 1 (satu) unit Kapal Patroli Cepat (Disaster Rescue Operation Patrol Boat) kepada Pemerintah Kabupaten Samosir.

Pada kesempatan itu, Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon turut melakukan pengujian Kapal dengan mengarungi pinggiran Danautoba Jumat, (25/05/2018) lalu. 

Bupati mengaku gembira atas adanya adanya kapal tersebut. "Dengan adanya Kapal ini kita bisa bereaksi dengan cepat mengatasi masalah bencana. Agar kapal ini juga betul-betul dirawat dengan baik, Pungkas Rapidin.


Selain melakukan uji coba, Bupati ikut melihat hangar kapal dan kondisi tepi pantai wilayah Kantor Bupati, RSU, Pantai Onan Baru dan Pantai Putri Lopian dan memerintahkan agar ecenggondok dibersihkan oleh SKPD terkait.

Informasi yang dihimpun, spesifikasi Kapal Patroli tersebut memiliki ukuran tinggi 4 meter, panjang 12.5 meter dan lebar 3 meter. Kapa ini memiliki kapasitas yang dapat menampung 10 orang dengan kecepatan Maksimal 20 Knots. 

Kasatker BPBD Kabupaten Samosir Mahler Tamba menyampaikan kapal reaksi cepat ini sangat sesuai untuk Kabupaten Samosir yang dikelilingi perairan Danau Toba. "Ini akan kita siap siagakan untuk penanganan Bencana alam yang terjadi di wilayah Kabupaten Samosir, dengan kecepatannya kita bisa bereaksi dengan cepat, imbuh Mahler.

Ikut dalam proses pengujian Kapal Kasatker BPBD Samosir Masker Tambah, Kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika Kitman Malau, Kepala Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Lemen Manurung.

Oleh: J. Marpaung
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment