Masyarakat Peduli Api (MPA) Kabupaten Samosir Dibentuk

Partukkoan - Samosir

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menggelar pembentukan Masyarakat Peduli Api Kabupaten Samosir di Hotel Saulina Kelurahan Siogungogung Kecamatan Pangururan, Kamis (24/05/2018).

Acara pembentukan tersebut dirangkai dengan acara pelatihan dan penyerahan peralatan oleh Kementerian lingkungan hidup dan kehutanan yang akan digunakan bagi para peserta dan akan berlagsung selama 2 (dua) hari sejak Kamis hingga Jumat besok.

Ketua Panitia Parasian Sinaga mengatakan, peserta berjumlah 60 orang yang berasal dari perwakilan beberapa desa di Kabupaten Samosir dengan dana pembentukan Masyarakat Peduli Api ini bersumber dari DIPA Direktorat PKHL (Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan).

"Pembentukan MPA tidak hanya sebatas pelatihan saja tetapi ke depannya dapat menjadikan Kabupaten Samosir bebas asap atau kebakaran. Dan anggota MPA yang terbentuk tidak hanya bergerak dibidang dalkarhutla namun diharapkan di segala bidang kegiatan," kata Parasian.

Direktur PKHL Rafles Panjaitan dalam sambutannya menyampaikan kebakaran sudah menjadi isu internasional dimana sumut masuk dalam prioritas pencegahan kebakaran untuk itu, dalam usaha pencegahan kebakaran masyarakat dilibatkan dalam pengendaliannya.

"Mari melakukan tugas bukan hanya untuk mencari sertifikat namun marilah bekerja demi membangun bangsa dan negara," kata Rafles.

Sementara, Asisten Tata Praja dan kesejahteraan rakyat Mangihut Sinaga yang mewakili Bupati Samosir mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutananyang telah peduli terhadap Kabupaten Samosir dengan melaksanakan pembentukan masyarakat peduli api. 

"Sekitar 2 tahun yang lalu kondisi Samosir memprihatinkan terkait bahaya kebakaran, dengan adanya pembentukan masyarakat peduli api, diharapkan Kabupaten Samosir terhindar dari bahaya kebakaran.

Ikut hadir dalam acara ini, Anggota DPR RI komisi III Hinca Panjaitan, Kasubbid Kemitraan Pengendalian Kebakaran hutan dan lahan Afrizal, Kapolres Samosir Agus Darojat, para Staf ahli Bupati Samosir, Kadis Kominfo Kitman Malau, Hendrik Naibaho,. Kabag Humas Siswanto Sinambela, Camat Harian Roberton Manik Camat Sianjurmulamula Rudi Sitorus, Camat Pangururan Dumosh Pandiangan, serta para peserta.

Editor: J. Marpaung
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment