Wabup Samosir Buka Acara Seminar dan Lomba Aksara Batak

Partukkoan - Samosir

Wakil Bupati Samosir Ir Juang Sinaga secara langsung membuka acara lomba Aksara Batak dan Seminar Acara batak yang diselenggarakan Asosiasi Pekerja Profesional Informasi Sekolah Indonesia (APISI) Kabupaten Samosir di halaman SMA N. 1 Pagururan, Kamis (31/05/2018).

Pada pembukaan itu, Juang Sinaga menyampaikan perkumpulan ini merupakan berkat dan kasih karunia dari Tuhan, sehingga perlu disyukuri atas terselenggaranya acara ini.

Lebih lanjut, Juang mengatakan jati diri sebagai orang batak harus ditunjukkan. "Batak itu adalah adalah Karya Tuhan, dan isinya itu adalah karya Tuhan yang harus dilindungi. Untuk itu kita harus bersyukur, maka bukan hanya konteks batak yang melihat itu sangat penting, bukan hanya pemerintah, namun juga kita secara pribadi," katanya.

Ia juga menyampaikan, bahwa Pelajaran bahasa dan budaya untuk anak SD, SMP sudah akan dimuat di Kabupaten Samosir. Sementara sebagai guru, akan diakomodir melalui FKTM.

Ketua FKTM Kecamatan Pangururan Obin Naibaho mengapresiasi acara yang diselenggarakan APISI tersebut. Menurutnya acara seperti ini sudah jarang dilaksanakan.

"Kami dari masyarakat sangat mengucapkan luar biasa kepada bapak ibu, karena acara ini untuk mengingat kembali budaya batak. Kalau kita saling bekerjasama dan sama-sama bekerja mengajari anak-anaka apa itu sebenarnya budaya kita ini, maka budaya kita akan terus lestari," kata Obin Naibaho. 

Seorang batakolog dan juga budayawan Manguji Nababan yang ikut hadir pada acara itu mengatakan Aksara batak adalah warisan leluhur batak dan telah tertuang dalam peraturan gubernur (pergub). Untuk itu dirinya menghimbau supaya kita dapat diterjemahkan dengan baik agar warisan itu dapat dilestarikan.

"Kami minta kepada bapak ibu, untuk menularkan kemampuan beraksara batak itu kepada anak didik kita," ucapnya.

Dalam acara, Ketua APISI Kabupaten Samosir Lastuana Simbolon mendapat sebuah ulos dari Ketua APISI Pusat Hanna Chaterina George karena rasa senang dan apresiasinya terhadap acara yang dilaksanakan hari ini.

"Pemberian ulos ini sebagai ucapan terimakasih dan rasa senang dari Ketua APISI pusat kepada APISI Samosir atas terselenggaranya acara ini," ucap seorang anggota APISI Pusat yang mewakili Ketua APISI pusat Hanna Chaterina George. (red)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment