Dinas Dukcapil Kabupaten Samosir Proaktif Layani Warga Hingga ke Desa

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil melaksanakan pelayanan dengan mendatangi Warga Desa Sialanguan, Rabu (13/06) di Kantor Kepala Desa | foto: IST/fb-ds
Partukkoan - Samosir

Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil melakukan pelayanan perekaman e-KTP dan pelayanan lainnya dengan mendatangi langsung para warga ke desa-desa di Kabupaten Samosir. Pelayanan yang dilaksanakan itu mendapat perhatian dan apresiasi yang baik dari warga.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Lemen Manurung ketika dikonfirmasi partukkoan, Rabu (13/06/2018) mengatakan, pelayanan itu dilakukan sesuai dengan amanah, bahwa Catatan Sipil (Capil) harus stelsel aktif. "Artinya Capil proaktif atau mendatangi penduduk," katanya.

Menurut Lemen, pelayanan dilakukan pada hari libur disebabkan pada hari libur tersebut merupakan kesempatan anak sekolah atau warga samosir lainnya yang berada di luar daerah bisa datang ke Samosir.

"Kenapa kita jadwalkan pada hari libur? Mungkin pada libur ini lah anak anak sekolah yang di luar samosir dapat kami layani, misal merekam KTP el (KTP Elektrik - Red) bagi yang berusia 17 tahun, bukan hanya itu saja bahkan masyarakat yg blm merekam dan melengkapi dokumen kependudukannya," jawabnya via WhatsApp kepada partukkoan. 

Pada kesempatan ini, tidak lupa, dirinya menyampaikan dan berharap kepada warga untuk melengkapi administrasi kependudukannya. "Pelayanan sampai tanggal 18 Juni 2018, dengan tujuan agar dokumen kependudukan masyarakat samosir semakin lengkap," pungkas Lemen.

Sementara itu, Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon saat dimintai tanggapannya mengatakan, bahwa  kegiatan tersebut merupakan tanggungjawab pemerintah. "Betullll....iya untuk pelayanan masalah Administrasi kependudukan," singkatnya.

Oleh: Junjungan Marpaung
Editor: Freddy
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment