Usia 9 Tahun, KSP Makmur Mandiri Telah Miliki 100 Cabang

Penandatanganan Prasasti/ IST
Partukkoan - Samosir

Perayaan Hari Jadi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Makmur Mandiri yang ke-9 yang digelar Jumat, 22 Juni 2018 di Pelataran Hotel Dainang Pangururan, Kabupaten Samosir, diwarnai dengan penandatanganan prasasti cabang Koperasi Makmur Mandiri yang ke 98, 99 dan 100.

Acara yang dihadiri ratusan pengurus, pengawas, manajer, karyawan cabang dan anggota se-Indonesia, ini diawali dengan ibadah syukuran yang dilanjutkan dengan sambutan dari berbagai pihak.

Ketua Koperasi Makmur Mandiri (KMM), Drs. Tumbur Naibaho sebelum memulai sambutannya mengucapkan turut berduka cita sedalam-dalamnya atas musibah tenggelamnya Kapal Motor Sinar Bangun di perairan Danau Toba.

"Atas nama Koperasi Makmur Mandiri, saya turut berduka cita atas musibah tenggelamnya kapal motor Sinar Bangun, semoga jenazah para korban dapat segera ditemukan dan Tuhan beri penghiburan bagi keluarga korban," kata Tumbur Naibaho.

Sebagai dukungan moril untuk pencarian korban kapal tersebut, Koperasi Makmur Mandiri menyerahkan bantuan sebesar Rp 30 juta kepada Wakil Bupati Samosir, Ir Juang Sinaga. Uang yang dibagi dalam dua amplop, masing-masing Rp 15 juta itu diperuntukkan untuk diserahkan ke posko pencarian di Simanindo dan Posko Tigaras.

Tak lupa, Putra Kelahiran Samosir, Desa Tanjung Bunga ini juga mengucapkan turut berduka cita atas meninggal dunianya ibunda dari Rapidin Simbolon, Bupati Samosir.

Dilanjutkannya, Koperasi Makmur Mandiri adalah koperasi yang sehat dan Tahun 2017 lalu mendapat predikat koperasi skala besar nasional dari Kementerian Koperasi dang UKM RI. Kata Tumbur Naibaho, saat ini anggota KSP Makmur Mandiri berjumlah 80 ribu orang dan telah memiliki 100 kantor cabang yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia.

"Puji Tuhan, saat ini kantor cabang Makmur Mandiri telah 100 cabang. Yang mana hari ini akan dilaksanakan penandatanganan prasasti untuk kantor cabang ke 98, 99 dan 100. Salah satunya cabang baru di Samosir yakni cabang KMM Tomok," kata Suami Jusniar Simbolon itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, usaha kecil dan menengah Kota Bekasi, Karto, S.IP, MSi yang turut menghadiri acara menyampaikan bahwa kehadiran Koperasi Makmur Mandiri di Kota Bekasi sangat membantu masyarakat. Utamanya dalam membantu permodalan bagi usaha kecil dan menengah di kota tersebut.

"Koperasi Makmur Mandiri sangat luar biasa dan semakin eksis meski masih berusia 9 tahun. Di usianya yang relatif masih muda ini, mampu berkembang pesat ke seluruh Indonesia hingga kini sudah memiliki 100 cabang," puji Karto.

Koperasi Makmur Mandiri katanya lain dari yang lain. Ia berharap semoga semakin sukses dan mengepakkan sayap hingga ke seluruh penjuru Indonesia guna membantu menggerakkan perekonomian masyarakat usaha kecil maupun menengah.

Plt Deputi Kelembagaan Kementerian Koperasi dang UKM RI, Untung Tri Basuki, SH, SPN lewat sambutannya mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun ke-9 Tahun Koperasi Makmur Mandiri. Ia menambahkan bahwa Koperasi Makmur Mandiri merupakan salah satu koperasi dengan predikat sehat yang ada di Indonesia. Ia berharap koperasi ini bisa terus berkembang terlebih sudah memiliki 100 kantor cabang, harus bisa menambah anggotanya hingga ratusan ribu.

"Koperasi Makmur Mandiri harus senantiasa berinovasi untuk membantu masyarakat terlebih bagi kemajuan Kabupaten Samosir sebagai kampung halaman mayoritas anggotanya," ucap Untung.

Masih dalam acara, Wakil Bupati Samosir, Ir. Juang Sinaga mengatakan, Kabupaten Samosir patut berbangga hati karena ada putra daerahnya sukses mengembangkan koperasi hingga penjuru Indonesia dan turut membantu masyarakat dalam hal permodalan.

Usai kata sambutan, dilakukan penandatanganan prasasti kantor cabang yang baru untuk tiga kantor. Yakni kantor cabang ke-98, di Kranggan Pondok Gede, Kota Bekasi yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Koperasi, usaha kecil dan menengah Kota Bekasi, Karto, S.IP, MSi. Kantor Cabang ke-99 yakni cabang Samosir 3 di Tomok, yang ditandatangani oleh Bupati Samosir, Drs Rapidin Simbolon MM. Dan kantor cabang ke-100 di Palembang yang ditandatangani oleh Plt Deputi Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM RI.

Pada puncak acara, diisi dengan pemotongan kue HUT ke 9 Koperasi Makmur Mandiri. Dan seusai makan malam, berbagai hiburan yang menampilkan artis Ibukota, Century Band semakin memeriahkan acara. (P-03)

Editor: Junjungan Marpaung
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment