Cegah Penyakit Menular, Pemkab Samosir Kampanye Imunisasi Measles Rubella

Sosialisasi kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR) di Aula Hotel Dainang Pangururan, Senin (16/07) | foto: ist
Partukkoan - Samosir

Wakil Bupati Samosir Ir. Juang Sinaga secara resmi membuka acara  pertemuan Advokasi dan Sosialisasi Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR) yang dilaksanakan Dinas Kesehatan di Aula Hotel Dainang Pangururan, Senin (16/07). 

Juang menyambut baik kegiatan tersebut. Disampaikan, penyakit campak dikenal sebagai mobili atau measles yang disebabkan oleh virus dan dapat menular melalui batuk dan bersin. 

Penyakit campak sangat berbahaya apabila disertai komplikasi pneumonia, diare, meningitis yang dapat menyebabkan kematian. 

Kemudian, Rubella merupakan penyakit akut ringan yang sering menginfeksi anak dan dewasa.

Tetapi yang menjadi perhatian dalam kesehatan masyarakat adalah efek teratogenik apabila rubella menyerang wanita hamil.

Kampanye imunisasi measles rubella bertujuan untuk meningkatkan kekebalan masyarakat terhadap penyakit campak dan rubella secara cepat, memutuskan transmisi virus campak dan rubella, menurunkan angka kesakitan campak dan rubella serta menurunkan kejadian crs.

Kampanye imunisasi measles rubella merupakan suatu kegiatan imunisasi secara massal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan < 15 tahun, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya.

Mengingat besarnya jumlah sasaran kampanye imunisasi, Juang Sinaga menghimbau agar pelaksanaannya mendapat dukungan dari semua pihak dan berjalan dengan baik sesuai dengan target yang ditentukan.

"Sehingga masyarakat Kabupaten Samosir terhindar dari penyakit campak,rubella dan crs," pungkasnya.

Editor: J. Marpaung
loading...
Share on Google Plus

Tentang Dedi Sitanggang

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment