Kelompok Tani di Samosir Yang Berprestasi Akan Diberi Hadiah

Pemberian bantuan alat pertanian kepada Kelompol Tani di Samosir
Partukkoan - Samosir

Pemerintah Kabupaten Samosir terus menerus memberikan dukungan dan semangat kepada petani dengan memberikan berbagai bantuan alat pertanian.

Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM didampingi Kadis pertanian Erkanus Simbolon, Kepala Bappeda Rudi SM Siahaan dan Kabag Humas Siswanto Sinambela memberikan bantuan handtractor sebanyak 15 unit kepada kelompok tani di Dinas Pertanian Kabupaten Samosir, Jumat (27/07/2018).

Selain handtractor, kelompok tani juga menerima 40 unit pompa air dan 2 unit Cultivator yang diterima secara langsung oleh masing-masing kelompok tani. 

Dalam berita acara serah terima antara Dinas Pertanian dengan Kelompok Tani, masing-masing kelompok tani menandatangani fakta integritas untuk penggunaan dan pemanfaatan alat pertanian yang diterima dengan baik dan benar disaksikan Bupati Samosir.

Kesempatam itu, Rapidin menekankan agar kelompok tani menggunakan alat dengan baik sebagaimana isi dari fakta integritas tersebut. "Kelompok tani harus mampu meningkatkan hasil pertanian dengan adanya berbagai bantuan yang diberikan pemerintah. Tetap rajin dan berdoa, manfaatkan waktu luang untuk bertani," imbuhnya.

Lebih lanjut kata dia, apabila masyarakat membutuhkan traktor untuk membuka lahan, pemerintah melalui Dinas Pertanian siap untuk memfasilitasi.


Rapidin menambahkan, dalam pengelolaan bantuan pertanian ini diharapkan adanya kerjasama yang baik antara anggota kelompok tani. Keuangan kelompok tani juga harus jelas dan memiliki kas. 

Dengan adanya kas kelompok, maka kelompok tani tersebut akan dapat menanggung biaya perbaikan alat apabila diperlukan. Pemerintah akan selalu berusaha membantu petani, memakmurkan petani sebagaimana visi Samosir sebagai daerah yang berbasis pariwisata dan pertanian. 

"Jika hasil pertanian masyarakat meningkat, maka pemerintah akan ikut bangga," tukasnya.

Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM menjanjikan hadiah bagi kelompok tani yang berprestasi. Prestasi disini maksdnya adalah kelompok tani yang mampu memanfaatkan bantuan dengan baik dan meningkatkan hasil pertanian.

Editor: Junjungan Marpaung
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment