Komunitas Aek Hangoluan Ciptakan Air Bersih di Nainggolan

Seorang Ibu, Warga Bonan Dolok Desa Pasaran Parsaoran Kecamatan Nainggolan menggunakan air bersih yang dibangun komunitas Aek Hangoluan | sumber foto: hetanews
Partukkoan - Samosir

Meski dikelilingi Danau Toba, ternyata warga Samosir masih ada yang kesulitan mendapatkan air bersih. Salah satunya warga Bonan Dolok, Desa Pasaran Parsaoran, Kecamatan Nainggolan, Kabupaten Samosir.

Melihat hal itu, sebuah komunitas yang terdiri dari sekumpulan orang-orang yang peduli akhirnya sepakat membuat program pembangunan bagi masyarakat yang kesulitan air bersih.

Kumpulan itu adalah Komunitas Aek Hangoluan yang memiliki tujuan memberikan solusi atas kesulitan warga dalam mendapatkan air bersih. 

Terbukti, hasilnya, komunitas itu kemudian berhasil membuat sumber air bersih yang dapat digunakan warga.  

Air bersih kini sudah mengalir di pemukiman warga. Pembangunan reservoar di Bonan Dolok, bukanlah dengan dana yang sedikit. Nominal yang dikeluarkan Aek Hangoluan tercatat sekitar Rp. 214.000.000. 

Sejumlah uang tersebut didapat melalui galang dana atau bantuan partisipasi dari manusia-manusia bernurani kasih dan kecintaan terhadap sesama.

Misi yang diemban Aek Hangoluan pun disambut baik oleh penduduk Bonan Dolok. Masyarakat lalu memberikan tenaga dan waktu tanpa terkecuali untuk mewujudkan hadirnya air bersih di desa mereka.

Salah satu warga Bonan Dolok, Amani Elisabeth Situmorang mengaku, selama ini kesulitan mendapatkan air bersih, apalagi jika musim kemarau tiba.

"Kami kesulitan air bersih pada saat musim kemarau. Harus bangun jam 4 subuh mengambil air dari sumber mata air yang begitu jauh dari rumah," kata Amani Elisabeth.

Ia menyampaikan, kehadiran program Aek Hangoluan di desanya sangat disyukurinya dan seluruh penduduk Bonan Dolok.

"Terimakasih banyak kami sampaikan kepada Aek Hangoluan. Sudah dekat air ke rumah kami di Bonan Dolok ini, terimakasih juga kepada KSB (Komedi Senyum Berbagi)," lanjut Amani Elisabeth.

Ucapan terima kasih kepada Aek Hangoluan, juga diutarakan Kepala Desa (Kades) Pasaran Parsaoran, Djakobus Situmorang. 

"Kami memang merindukan air bersih. Sangat-sangat bangga dan mengucapkan terimakasih kepada Komedi Senyum Berbagi dan juga Aek Hangoluan," kata Djakobus Situmorang.

Perlu disampaikan, Komunitas Aek Hangoluan terbentuk dari gagasan di grup WhatsApp bernama Komedi-Senyum Berbagi. 

Penggerak KOMEDI SENYUM (Komunitas Merenung Dibalut Senyum) Laris Naibaho kepada partukkoan, Jumat (20/07/2018) mengatakan Komedi Senyum (KS) sebelumnya juga telah berbagi tali asih ke berbagai daerah termasuk Samosir.

"Berbagi, ke panti-panti. Karena banyaknya, saya sudah lupa ke mana saja. KS sudah membantu beberapa perpustakaan di Tomok, Laumil, Tarutung. Dan terakhir ke Nias Selatan pada Maret 2018 yang lalu," sebutnya.

Terkait Aek Hangoluan di Bonan Dolok, Laris Naibaho menyampaikan bahwa program tersebut merupakan langkah awal. Dengan tagline "Na mangeleon minum na mauas i, na mangelehon Ahu do i", komunitas ini kata Laris tidak akan berhenti dan akan terus berlanjut.

"Karena sebagian besar anggota KS, tak pandai beretorika, atau lebih tepatnya lebih suka ber-AKSI. Apa yang bisa dilakukan, akan dilakukan, tanpa mempertimbangankan ini dan itu," tandasnya.

Aek Hangoluan yang dimulai dari Bonandolok lanjut penulis ini, hanyalah pemicu agar semua, baik Pemkab dan masyarakat luas peduli pada kehidupan saudara-saudaranya yang masih kesulitan air, baik untuk minum maupun keperluan lain.

Terpisah, Ropinus Sihombing dari Aek Hangoluan dan berperan sebagai arsitek pembangunan mengaku senang, bahagia dan bangga dengan kebersamaan warga. Pria asal Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) itu meluangkan waktunya demi misi Aek Hangoluan.

Aek Hangoluan mengajak semua orang berperan serta dengan tidak mempersoalkan marga, suku, jenis warna kulit dan agama.

Editor: J. Marpaung
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment