Perkuat Jurnalisme, Youtube Investasi 25 Juta Dollar Bagi Organisasi Berita

Partukkoan - Washington 

Pihak managemen YouTube berencana akan berinvestasi dana sebesar 25 juta dollar atau setara dengan Rp.359,4 miliar kepada organisasi berita. Hal itu dilakukan bertujuan untuk memperkuat jurnalisme terpercaya dan mengatasi informasi palsu atau hoax.

Salah satu perusahaan dibawah naungan Google itu mengatakan, pihaknya menawarkan dana untuk sekitar 20 pasar global guna mendukung organisasi berita dalam membangun operasi video berkelanjutan.

"Dana tersebut akan memudahkan mitra kami membangun kemampuan utama, melatih staf mengenai praktik terbaik video, memperkaya fasilitas produksi dan mengembangkan format yang dioptimalkan untuk video online,” rilis YouTube dalam sebuah pernyataan, Senin malam.

Langkah terbaru itu merupakan bagian dari Google News Initiative senilai 300 juta dolar AS (sekitar Rp4,31 triliun) yang diumumkan sebelumnya oleh perusahaan induk YouTube guna membantu mengendalikan manipulasi dan informasi palsu, yang mudah menyebar secara online.

Sehingga pada akhirnya, semua pemberitaan dapat tersaring atau terverifikasi dengan baik dan terhindar dari informasi palsu atau kabar bohong.  

Dilansir AFP, upaya ini dilakukan ketika pihak google dan media sosial facebook mendapat kritik tajam saat pemilu AS pada tahun 2016. Saat itu kedua perusahaan raksasa tersebut dituding gagal mengatasi penyebaran informasi bohong (hoax).  

Editor: J. Marpaung
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment