Sudah 9 Hari, Caleg Yang Mendaftar ke KPU Samosir Belum Ada

Komisioner KPU Samosir, Divisi Teknis Penyelenggara, Fernando Sitanggang
Partukkoan - Samosir

KPU Kabupaten Samosir telah membuka Pendaftaran Bakal Calon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Samosir Dalam Pemilu 2019 yang dituangkan dalam surat pengumuman dengan nomor 188/PL.01.4-Pu/1217/KPU-kab/VI/2018.

Namun terhitung mulai tanggal 4 Juli pendaftaran dibuka, hingga saat ini belum ada satupun Calon Legislatif melalui partai mendaftarkan diri.

Hal itu dibenarkan Komisioner KPU Samosir, Divisi Teknis Penyelenggara, Fernando Sitanggang, Kamis (12/07/2018) di Pangururan. "Belum ada yang mendaftar sampai hari ini. Batas akhir pendaftaran sampai tanggal 17 Juli 2018," katanya.

Fernando melanjutkan, dari tanggal 4-16, pendaftaran dibuka mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB. Sementara untuk tanggal 17 Juli, pendaftaran dibuka mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 24.00 WIB.

Baca juga: Pendaftaran Bakal Calon Anggota DPRD Kabupaten Samosir Dibuka

Sesuai PKPU Nomor 20 Tahun 2018 secara nasional syarat pendaftaran yang harus dipenuhi yakni SKCK, ijazah, surat sehat, bebas narkoba, surat pengunduran diri bila PNS atau jabatan yang penghasilannya bersumber dari negara.

Lebih jauh, Ia mengatakan, untuk jumlah caleg dan keterwakilan perempuan, masing-masing partai politik wajib mendaftarkan calegnya sesuai jumlah kursi di tiap daerah pemilihan (dapil).

"Keterwakilan perempuan masing-masing partai, minimal 30% dari jumlah caleg setiap dapil. Dan dari nomor urut 1 sampai 3, juga dari nomor urut 4 sampai 6, harus ada perempuan," imbuh Fernando.

Perlu diketahui, Untuk pemilu 2019, Kabupaten Samosir terdiri dari 4 dapil, antara lain dapil 1 Kecamatan Pangururan-Kecamatan Ronggur Nihuta (8 kursi), dapil 2 Kecamatan Simanindo-Kecamatan Onan Runggu (6 kursi), dapil 3 Kecamatan Palipi-Kecamatan Nainggolan (6 kursi), dan dapil 4 Kecamatan Harian, Kecamatan Sianjur Mula-mula, Kecamatan Sitio-tio (5 kursi).

Kemudian peserta pemilu pada pemilu 2019, sebanyak 20 partai politik, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), PDI Perjuangan, Golkar, Nasdem, Garuda, Berkarya, PKS, Perindo, PPP, PSI, PAN, Hanura, Demokrat, PBB, PKPI, dan 4 partai lokal aceh, yakni Partai Aceh, PD Aceh, SIRA, dan PNA. (Hrey)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment