Astaga, Maling Beraksi Curi Harta Warga di Lokasi Gempa Lombok

Ilustrasi
Partukkoan 

Sabturiah, seorang warga Desa Teluk Kombal Lombok Utara, mengaku kurang mendapat bantuan dari pemerintah pasca gempa 7 skala Richter. Lokasi desa yang berbukit, lumpur, dan sulit dijangkau, membuat warga secara swadaya saling membantu seadanya. Hal itu diperparah dengan beraksinya maling yang mengincar harta benda warga yang mengungsi.

"Kami di sini ada 800 orang, bantuan sudah sempat datang, tapi kami masih kekurangan seperi logistik dan obat-obatan," kata wanita berusia 23 tahun ini kepada Liputan6.com lewat sambungan telepon, Rabu (8/8).

Selain logistik, tenda darurat juga disebut kurang memadai lantaran beberapa di antaranya bocor akibat hujan yang mengguyur sejak siang hari.

"Jadi hari ini dari siang sampai menjelang Magrib (pukul 18.00 WIB), hujan terus, tenda kami bocor," cerita dia.

Sabturiah menggambarkan, situasi di desanya saat ini sangat gelap. Tidak ada lisrik mengalir. Ratusan warga di lokasi, hanya bertahan dengan mesin genset yang sebagai pengganti daya listrik.

Begitu pula pasokan air bersih, Sabturiah mengaku jumlahnya sangat tidak memadai. Karenanya dia berharap Tim Basarnas dapat memperhatikan hal tersebut.

"Listrik, air, obat-obatan, dan tenaga medis juga. Korban luka kami tangani sendiri, tidak ada petugas medis yang berjaga," jelas dia.

Lebih dari itu, kondis psikologis warga yang belum pulih kini diperparah akan adanya maling. Sabturiah mengaku sudah ada harta benda yang kemalingan di tengah bencana gempa.

"Kabar maling itu benar, kami tiap malam berjaga, mengawasi rumah-rumah kami yang masih penuh reruntuhan. Tapi ada saja ulah mereka yang begitu, TV, kulkas, emas, duit Rp 24 juta hilang," kata lirih.

Sabturiah berharap, untuk besok dan selanjutnya, Desa Teluk Kombal dapat lebih diperhatikan. Minimal, ada penjaga dari penegak hukum yang membuat rasa aman di kala malam, juga tim perawat agar penanganan korban luka bisa ditangani cepat. (Lp6/mdk)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment