Berantas Narkoba, BNK Samosir Gelar Sosialisasi

Ketua BNK Samosir saat memberikan paparan dalam sosialisasi | ist
Partukkoan - Samosir

Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Samosir menggelar Sosialisai Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang diikuti oleh Pelajar SMP, Pengusaha Hotel dan Cafe, serta Pengusaha Transportasi yang digelar di Aula Hotel Dainang Pangururan, Kamis (02/08/2018). 

Ketua BNK Samosir sekaligus Wakil Bupati Samosir Ir. Juang Sinaga secara resmi membuka acara sosialisasi ini.

Berperan sebagai narasumber Sekjen Gerakan Mencegah Daripada Mengobati (GMDM) Provsu Yohanes Purba, Kakan Kesbang Paris Manik, Kasat Narkoba Polres Samosir yang diwakili oleh Briptu Samosir dan Dinas Kesehatan Kabupaten Samosir untuk memberikan pemahahaman agar para pelajar, organisasi kepemudaan dan para pengusaha hiburan terhindar dari penyalahgunaan dan peredaran narkoba.

Juang Sinaga dalam paparannya menyampaikan, bahaya narkoba merupakan bencana nasional. Dikatakannya, saat ini BNK Samosir sedang berjuang untuk mengusulkan perubahan status BNK Samosir ditingkatkan statusnya menjadi Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK). "Sehingga nantinya akan memiliki kewenangan yang lebih luas termasuk penindakan dan rehabilitasi," katanya.

Hal ini lanjut Juang, merupakan salah satu keseriusan BNK Samosir dalam memberantas penyalahgunaan dan peredaran Narkoba di Kabupaten Samosir.

Menurutnya Kabupaten Samosir sebagai daerah pariwisata bertaraf internasional, tentu akan dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah maupun mancanegara. Hal ini tentu akan semakin membuka peluang masuknya narkoba ke Kabupaten samosir. 

"Maka, dengan sosialiasi seperti ini diharapkan pemahaman tentang pentingnya pencegahan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba menjadi hal yang wajib bagi para generasi muda, pelajar dan para pelaku pariwisata, pengusaha hotel dan cafe," tandasnya.

Bagi para pelajar, ia mengingatkan, untuk tidak sekali-kali terjerumus dalam lembah hitam narkoba karena hal itu akan membawa ke dalam maut.

Sementara bagi pengusaha hiburan malam, ia kembali menegaskan agar jangan mencoba-coba usahanya terindikasi dengan narkoba. 

"Pada saatnya nanti kami bersama-sama Pemerintah Kabupaten Samosir dengan pihak Kepolisian akan melakukan razia ke semua tempat yang terindikasi melakukan peredaran narkoba, termasuk sekolah dan cafe atau tempat hiburan," tegasnya

lebih jauh, jika kedapatan ditemukan narkoba maka cafe akan ditutup dan ijin usahanya dicabut dan tidak menutup kemungkinan akan mempidanakan pemilik cafe tersebut.

Kepada seluruh Organisasi kepemudaan juga dimohon agar bekerjasama dengan Pemerintah dalam memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Samosir," pungkasnya.

Editor: Junjungan Marpaung
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment