PLN dan Pemda Samosir Lakukan Survei Daerah Yang Belum Dialiri Listrik

PLN dan Pemkab Samosir lakukan survey wilayah yang belum dialiri listrik
Partukkoan - Samosir

Dalam rangka mewujudkan Program Listrik Desa 100 %, Pemerintah Kabupaten Samosir bersama pihak PT. PLN melakukan survey di daerah Kabupaten Samosir yang belum dialiri listrii. 

Diakui, beberapa Dusun di Samosir memang ada yang belum teraliri listrik dikarenakan kondisi geografis dan jarak, berdasarkan data sejumlah 802 KK belum teraliri listrik.

Untuk menangani masalah tersebut Pemkab Samosir sudah melakukan pendataan Desa yang belum teraliri listrik dan mengusulkan kepada Manajer Area PT. PLN (Persero) Wilayah Pematang Siantar yang ditembuskan kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI, Direktur Utama PT. PLN (Persero) di Jakarta dan PT. PLN (Persero) wilayah Sumatera Utara di Medan.

Atas dasar itu, pihak PT. PLN (Persero) pada tanggal 27 Agustus 2018 TIM PT. PLN (Persero) turun ke Samosir. Tim yang terdiri dari 2 kelompok akan melakukan survey bersama Tim Pemkab Samosir ke dusun-dusun yang belum teraliri listrik.

Survey dilakukan untuk melihat kondisi daerah untuk diambil data jarak dari titik sambung dan perlu tidak nya mendirikan Trafo. Tim akan bekerja selama 5(lima) hari untuk melakukan survey di sembilan Kecamatan mulai 27 Agustus 2018 s.d 31 Agustus 2018.

Hasil survey lapangan akan dibawakan ke Pimpinan PT. PLN (Persero) untuk diambil kesimpulan untuk tindak lanjut. Situngkir yang merupakan koordinator survey menyatakan PLN berkomitmen untuk memasang semua listrik masyarakat.

"Tapi masyarakat harus memahami bahwa PLN hanya memasang sampai ke meteran tidak ikut instalasi di rumah penduduk, kami sampaikan juga dalam survei ini pihak PLN akan menanyakan kesediaan konsumen untuk membayar biaya instalasi," ucap Situngkir.

Tim PT. PLN dan Pemkab Samosir yang diwakili Dinas PERAKPP dan Bagian Pembangunan Asisten Perekonomian Pembangunan Setdakab Samosir memulai Survei di Huta Lbn Bona -Bona dan Huta Sigumbang Dusun III Desa Parhorasan Kecamatan Pangururan, dan akan dilanjutkan sesuai data Dusun yang dilaporkan belum teraliri listrik.

Editor: Junjungan Marpaung
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment