Ternyata Minum Kopi Itu Menyehatkan, Ini Manfaatnya

Kopi | foto: MT
Partukkoan - Samosir

Mungkin banyak yang tidak menyangka jika meminum 1 atau 2 gelas kopi sehari justru memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Kandungan kafein pada kopi ternyata memiliki banyak kegunaan.

Informasi dihimpun dari berbagai sumber, kafein pada kopi bermanfaat bagi kesehatan, diantaranya adalah:

1. Mengurangi Diabetes
Menurut study, bagi orang yang mengkonsumsi kopi dalam kurun waktu empat tahun memiliki risiko 11 persen lebih rendah terkena diabetes. 

2. Mencegah Stroke
Kopi mengandung kadar antioksidan yang tinggi sehingga mampu menangkal serangan stroke. 

3. Mengurangi Stres
Di kalangan orang banyak, kita sering mendengar istilah "konsentrasi pikiran" yang disingkat dengan kopi. Entah apa maknanya, namun kopi memang dapat meminimalkan efek dari kurang tidur dalam tubuh. Bahkan aroma kopi dapat melindungi sel-sel saraf dari kerusakan akibat stres.

4. Mengurangi Risiko Kanker Payudara
Minum kopi selama sekitar 2-3 kali dalam sehari disebut juga bisa mengurangi risiko kanker payudara. Anda harus memilih minuman yang memiliki asam lemak kopi tertentu yang dapat menurunkan risiko pertumbuhan sel kanker.

5. Mengurangi Risiko Penyakit Parkinson
Minum lebih banyak kopi akan membalikkan kerusakan yang disebabkan oleh penyakit yang melemahkan saraf. Kaya antioksidan, kafein adalah zat terbaik yang mampu mengurasi resiko penyakit degeneratif syaraf.

6. Mengurangi Risiko Sakit Tenggorokan dan Kanker Mulut
Menurut penelitian, kafein ternyata mampu menjaga kesehatan tenggorokan. Minum kopi setiap hari dianggap dapat mengurangi resiko hingga setengahnya.

Nah, yang terakhir dan yang paling penting adalah, minum kopi 2 hingga 3 cangkir sehari ternyata mampu mencegah penyakit jantung. Kafein dalam kopi dapat menurunkan resiko pengembangan penyumbatan arteri. Kafein mampu melenturkan arteri sehingga cukup baik menangkal serangan jantung. (***)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment