Wabup Samosir Audiensi dengan Manager PLN Siantar dan GM. PT. Telkom Sumut

Audensi dengan Pimpinan PT. PLN Cabang Pematang Siantar, dan Pimpinan PT.Telkom di Siantar | ist
Partukkoan - Siantar

Wakil Bupati Samosir Ir. Juang Sinaga didampingi oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Samosir Tombor Simbolon, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sudion Tamba dan Marang Situmorang selaku Kadis PERAKPP melakukan Audiensi dengan Pimpinan PT. PLN Cabang Pematang Siantar, dan Pimpinan PT.Telkom di Siantar (21/8)

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Samosir menyampaikan permasalahan-permasalahan yang terjadi di Kabupaten Samosir terkait dengan kebutuhan peningkatan kualitas dan kuantitas Listrik yaitu masih banyak rumah penduduk dan juga daerah yang belum teraliri listrik.

Kemudian permasalahan tentang sarana pertanian seperti pompa air dengan menggunakan tenaga listrik, dan upaya memajukan Kabupaten Samosir baik dari segi Pariwisata, pertanian dan aspek yang lainnya. 

Juang berharap agar tidak ada keluhan tentang kekurangan listrik di wilayah Kabupaten Samosir. "Kami dari Pemkab Samosir akan selalui siap memberi bantuan semaksimal mungkin untuk mengatasi masalah kelistrikan," tandasnya.

Senada dengan Wabup, Kadis PERAKPP menyampaikan bahwa ada beberapa lokasi pertanian yang menggunakan pompa air tenaga listrik pada waktu tertentu tegangan listriknya melemah sehingga tidak sanggup menjalankan pompa dan bahkan dapat mengakibatkan kerusakan pada pompa. 

Kadis Lingkungan Hidup juga menyampaikan agar dilakukan pembenahan tiang-tiang listrik agar segera diselesaikan akibat pelebaran jalan dan meminta agar jalan sepanjang Panguruan - Tele terdapat jaringan listrik sesuai dengan rencana pengadaan lampu jalan.

Menanggapi hal itu, Plh. Manager PT. PLN Cabang Area Pematang Siantar, Achmad Meidiansyah beserta jajaranya yang hadir pada kesempatan tersebut berjanji berupaya memenuhi permintaan dan sesegera mungkin mengatasi permasalahan yang terjadi. 

Untuk mempercepat proses penanganan masalah listrik di Kabupaten Samosir, Wakil Bupati Samosir kemudian menyerahkan data-data tentang lokasi-lokasi yang belum terdapat jaringan listrik kepada Plh. Manager PT. PLN. Cabang Area Pematang Siantar.

Plh. Manager mengatakan akan segera melakukan pekerjaan pembenahan tersebut jika sudah sesuai aturan dan mengharapkan bantuan Pemerintah Kabupaten Samosir dalam mengatasi permasalahan seperti pendekatan kepada masyarakat dalam upaya pembersihan lintasan jaringan listrik yang terganggu oleh pohon-pohon dan lainnya.

Sementara pertemuan dengan PT. Telkom Witel Sumut, rombongan Wabup Samosir berdiskusi tentang pengembangan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) di Wilayah Kabupaten Samosir dalam memajukan sektor pariwisata dan e-Government. 

Kadis Kominfo Tombor Simbolon menyampaikan agar PT. Telkom dapat berkontribusi dan memberikan solusi tentang kebutuhan akan layanan jasa internet yang semakin meningkat terutama di Kabupaten Samosir sebagai daerah tujuan wisata luar dan dalam negeri.

Menanggapi itu, GM. PT. Telkom Witel Sumut, Binsar Silalahi mengatakan, PT. Telkom siap membantu Kabupaten Samosir dalam pengembangan TIK dan pelayanannya kepada masyarakat guna mendukung penerapan e-Government seperti Aplikasi dan monitoring system serta kualitas layanan yang lebih baik. 

Lebih lanjut, PT. Telkom akan membangun jaringan Fiber Optic dari Pangururan ke Tomok yang diharapkan dapat melayani kebutuhan wisatawan, masyarakat dan pemerintahan di daerah Kecamatan Simanindo.

Seperti diketahui bahwa saat ini akses internet di daerah tersebut mengalami kendala yang disebabkan masih menggunakan jaringan konvensional yaitu kabel tembaga yang mempunyai banyak keterbatasan. Dan dalan waktu dekat direncanakan akan melakukan pertemuan lanjutan guna membahas solusi yang tepat dalam mengatasi semua kebutuhan tersebut.

Editor: Junjungan Marpaung
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment