Ini Syarat Honorer Yang Ingin Ikut CPNS 2018

Ilustrasi
Partukkoan - JAKARTA 

Pemerintah ternyata memberikan kesempatan bagi Tenaga Honorer untuk mengikuti seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun ini. 

Namun kesempatan itu dibuka bagi para Tenaga Honorer Kategori II (THK 2). Sebanyak 13.347 formasi disiapkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) pada CPNS tahun ini.

Sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan) Nomor 36 Tahun 2018, ada beberapa persyaratan yang harus disiapkan oleh THK 2 untuk mengikuti seleksi CPNS 2018. Berikut Persyaratannya THK 2 untuk mengikuti CPNS 2018 yang dirangkum Okezone.


1. Harus terdaftar di Database BKN

CPNS 2018 diperuntukkan bagi Eks Tenaga Honorer Kategori-II yang terdaftar dalam data base Badan Kepegawaian Negara. Selain itu, THK yang bersangkutan juga harus memenuhi persyaratan perundang-undangan sebagai Tenaga Pendidik atau Tenaga Kesehatan.

Persyaratan yang dimaksud ada pada Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014, Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2005 sebagaimana terakhir diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2012 dan Undang- Undang Nomor 14 tahun 2005 bagi Tenaga Pendidik, serta Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2014 bagi Tenaga Kesehatan. 

2. Harus Memenuhi Persyaratan Administrasi

Selain persyaratan di atas, para tenaga honorer K2 juga harus memenuhi persyaratan administrasi seperti usia paling tinggi 35 tahun pada tanggal 1 Agustus 2018, masih aktif bekerja secara terus-menerus sampai sekarang.

Selain itu, bagi Tenaga Pendidik minimal berijazah Strata 1 yang diperoleh sebelum pelaksanaan seleksi Tenaga Honorer Kategori II pada tanggal 3 November 2013. Sementara untuk Tenaga Kesehatan minimal berijazah Diploma III yang diperoleh sebelum pelaksanaan seleksi Tenaga Honorer Kategori II pada tanggal 3 November 2013.

Kemudian yang bersangkutan juga harus miliki tanda bukti nomor ujian Tenaga Honorer Kategori II tahun 2013. Serta tidak lupa harus miliki kartu Tanda Penduduk yang valid dan terkini.

3. Pengalaman Kerja Minimal 10 Tahun

Agar bisa mengikuti seleksi CPNS 2018, tenaga honorer juga harus memenuhi syarat lama kerja yang ditentukan oleh pemerintah. Adalah tenaga honorer K2 harus memiliki pengalaman kerja selama 10 tahun dan terus menerus menjadi Tenaga Pendidik dan Tenaga Kesehatan dari Eks Tenaga Honorer Kategori-II ditetapkan sebagai pengganti Seleksi Kompetensi Bidang.

4. Pendaftar Tenaga Honorer di bawah Koordinasi BKN

Mekanisme/sistem pendaftaran untuk eks Tenaga Honorer Kategori II, dilakukan secara tersendiri di bawah koordinasi Badan Kepegawaian Negara.

5. Harus Ikut Seleksi Kompetensi Dasar dan Bidang

Meskipun disediakan formasi khusus, namun pemerintah juga mewajibkan kepada tenaga honorer K2 untuk mengikuti seleksi. Tujuannya adalah untuk menyaring tenaga-tenaga handal sesuai keahliannya.

Sebagai tahap awal, THK 2 melakukan verifikasi dokumen , jika sudah lolos maka THK2 harus mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar. Jika lolos, maka eks tenaga honorer K2 lanjut untuk mengikuti langkah selanjutnya yakni Seleksi Kompetensi Bidang. (Okz/p)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment