Ketua DPR Sarankan Habib Rizieq Pulang ke Indonesia

Habib Rizieq | net
Partukkoan 

Atas pencegahan pihak pemerintah Arab Saudi kepada Habib Rizieq untuk pergi ke Malaysia dianggap Front Pembela Islam (FPI) dan Gerakan Pengawal Fatwa Ulama (GNPF-U) adalah perlakuan tidak adil.

Menanggapi hal itu, Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menegaskan, pemerintah Indonesia sama sekali tidak terlibat dalam tindak pencegahan tersebut. Ia mengatakan hal ini resmi dilakukan oleh pemerintah Arab Saudi sendiri.

"Nah kalau ada informasi seperti itu justru saya ragu. Karena yang memberikan informasi adalah pihak Arab Saudi sendiri yang sepihak menyatakan melarang. Jadi bukan keputusan pemerintahan Indonesia yang melarang. Jadi salahnya dimana?" ucap Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (27/9).

Bamsoet mengatakan, Indonesia memang memiliki kewajiban untuk melindungi warganya baik di dalam ataupun di luar negeri. Dia pun menyarankan agar Rizieq kembali ke Indonesia supaya bisa dilindungi secara utuh.

"Jadi dalam UUD '45 dalam konstitusi setiap warga negara dilindungi oleh negara baik di dalam negeri maupun di luar negeri keberadaannya dilindungi oleh negara memang kewajiban negara melindungi warga negaranya," ungkapnya

"Jadi kaitannya dengan Indonesia apa, kalau ingin dilindungi ya saran saya kembali ke sini ya, kita lindungi negara wajib melindungi," tambahnya..

Sebelumnya, perwakilan FPI dan GNPF-Ulama menemui Wakil Ketua DPR Fadli Zon hari ini. Kedatangan mereka bertujuan mengadu terkait intimidasi yang dilakukan petugas Imigrasi Arab Saudi terhadap Pentolan FPI Rizieq Syihab. Fadli berjanji akan meneruskan aduan ini ke pejabat pemerintah terkait.

"Kami sampaikan laporan dari tim advokasi sebagai pengaduan masyarakat ini kami teruskan dan sampaikan kepada pihak terkait, dalam hal ini sesuai permintaan kepada Menlu, Kapolri, KaBIN, dan mungkin kalau nanti ada institusi lain terkait seorang warga negara tidak bisa kembali karena mungkin diduga dicegah keluar dari Arab Saudi," ucap Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (25/9). (mdk/p)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment