Masa Kampanye Pilpres 2019, Polda DIY Awasi Postingan Hoaks

Ilustrasi
Partukkoan

Untuk mengantisipasi penyebaran berita-berita hoaks serta postingan hate speech (ujaran kebencian) selama masa kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, Polda DIY membentuk Satgas Cyner Patrol.   

Kapolda DIY, Brigjend Pol Ahmad Dofiri menyampaikan, satgas cyber dibentuk khusus untuk mengamati perkembangan di dunia maya, termasuk adanya postingan hoaks dan ujaran kebencian. Tim ini akan bekerja saat masa kampanye Pilpres 2019 dimulai.

"Satgas cyber, patroli dunia maya, kita bentuk tim khusus yang setiap saat mengamati perkembangan di dunia maya, di internet. Jika ada postingan hoaks atau hate speech, kita bertindak," katanya usai gelar pasukan Ops Mantab Brata Progo 2018, di kompleks Lanud Adisutjipto, Rabu (19/9).

Pihaknya lanjut dia, siap untuk melakukan pengamanan berbagai tahapan dari Pilpres 2019. Nantinya, kata Dofiri, jumlah personel yang akan dikerahkan disesuaikan dengan tahapan dan kondisi di lapangan.

"Kampanye mulai 23 September 2018 hingga 13 April 2019. Ada saat-saat kritis tentunya. Sehingga pengerahan pasukan sesuai tahapan. Misalnya pada saat tahap kampanye, dikerahkan sekitar 1/4 kekuatan. Minggu tenang 1/5. Pemilihan 2/3 kekuatan, dan penghitungan 1/3 kekuatan," terangnya.

Dofiri melanjutkan, pihaknya juga melakukan pemetaan terhadap potensi kerawanan dalam Pilpres 2019 di DIY. Dia mengatakan, ada beberapa potensi kerawanan diantaranya bentrokan antar pendukung, pengerahan massa hingga gangguan lalu lintas.

"Potensi bentrok kita antisipasi. Di Yogya pengalaman yang sudah-sudah memang (bentrok) itu ada. Tapi semoga kali ini tidak seperti yang sebelum-sebelumnya," pungkasnya. (Mdk/p)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment