Pemilu 2019, KPU Tetapkan 188 Calon Anggota DPRD Samosir

Partukkoan - Samosir

Untuk Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Samosir telah menerbitkan Surat Keputusan Penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) anggota DPRD Samosir, Kamis (20/9).

Melalui surat keputusan KPU Samosir nomor: 294/PL.01.4-SD/1217/Kab/IX/2018, tentang Penetapan Daftar Calon Tetap Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samosir Pemilihan Umum tahun 2019.

KPU menetapkan 188 calon anggota DPRD Samosir ikut dalam Pemilu 2019, merebut 25 kursi anggota DPRD.

“Ya benar, SK DCT sudah kita tetapkan hari ini. Tadi kita mengundang Partai Politik (Parpol) dan Bawaslu,” kata Ketua KPU Samosir Fernando kepada wartawan di Hotel Saulina, Pangururan.

Fernando merinci, untuk daerah pemilihan (Dapil) I diikuti 65 calon anggota DPRD, Dapil II diikuti 40 calon anggota DPRD, Dapil III diikuti 45 dan Dapil IV diikuti 38 calon anggota DPRD Samosir.

Dari angka tersebut, ada 113 Laki Laki dan 75 Perempuan dan eterwakilan perempuan juga terpenuhi. Ada 75 orang perempuan calon anggota DPRD Samosir jumlah ini di atas 30%, tepat nya 39% dan memenuhi syarat.

Di Kabupaten Samosir, tidak ada anggota DPRD yang mencalonkan diri untuk pemilu 2019 ke partai lain atau pindah partai.

Dia menambahkan, DCT akan diumumkan secara meluas kepada publik. Pengumuman DCT ini akan ditempelkan di tempat umum sejak, Jumat-Minggu (21-23 September 2018).

“Hal ini dilakukan agar masyarakat juga bisa melihat langsung para calon anggota DPRD-nya,” tambah Fernando Sitanggang.

Tahapan terdekat selanjutnya adalah kampanye yang akan dimulai 3 hari sejak penetapan DCT atau tanggal 23 September 2018.

“Terkait lokasi kampanye dan pemasangan APK, setelah menerima surat penetapan lokasi kampanye dari pemkab Samosir, maka Kpu Samosir akan mengaturnya melalui SK Kpu Samosir," tambahnya.

KPU Samosir juga telah menyurati seluruh partai politik soal jadwal kampanye dan menyurati rekening dana kampanye.

"Akan ada Help Desk di KPU agar sistem pelaporan sesuai ketentuan,” tutupnya. (***)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment