Sepakat Dengan Pemkab, Perum Jasa Tirta I Akan Hijaukan Samosir

Perum Jasa Tirta I sepakat bersama Pemkab Samosir melakukan penghijauan | ist
Partukkoan - Samosir

Manager utama regional II perum jasa tirta I Ir. Ulie Mospar Dewanto, MT bersama Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon sepakat melakukan penghijauan di Kabupaten Samosir. Kesepakatan itu dilakukan ditandatangani di Aula Kantor Bupati Samosir, 21/09.

Kesepakatan itu merupakan acuan dan landasan dasar untuk melaksanakan penghijauan dengan tujuan mewujudkan penghijauan yang terarah, terencana serta terpadu di Kabupaten Samosir. 

Kesepakatan bersama ini meliputi penentuan lokasi penghijauan, kegiatan sosialisasi dan pendekatan kepada masyarakat, penanaman pohon, pemeliharaan tanaman hingga monitoring dan evaluasi. Seluruh biaya untuk ruang lingkup tersebut ditanggung sepenuhnya oleh PT. Jasa Tirta I dan berlaku dalam kurun waktu tiga tahun. 

Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM menyampaikan, program tersebut sudah lama dinanti-nanti di Kabupaten Samosir. "Sejak kewenangan managemen pengelolaan diambil alih propinsi dan pusat, kami sangat menantikan program ini," kata Rapidin. 

Sebaik apapun pengelolaan pariwisata Danau Toba lanjut Rapidin, apabila tidak didukung dengan hutan yang baik akan sia-sia, Danau Toba akan selalu ada dengan penghijauan ini. 

Kepada seluruh masyarakat atau siapapun yang terlibat mengelola kawasan APL di Tele, Bupati Samosir menegaskan agar melepaskannya dan memberikan contoh, karena lokasi tersebut akan dihijaukan kembali.

Manager utama regional II Perum Jasa Tirta I Ir. Ulie Mospar Dewanto, MT mengatakan, bahwa kawasan Danau Toba menjadi prioritas utama penghijauan. Hal ini dimaksudkan untuk mendukung pariwisata Danau Toba. Untuk Kabupaten Samosir bulan ini akan langsung dilakukan penghijauan, jenis pohon yang ditanam merupakan jenis pohon buah. 

Sehingga hasil dari penghijauan tersebut dapat langsung dirasakan masyarakat Samosir sekaligus menambah ekonomi masyarakat. 

Ia menambahkan, Perum jasa Tirta I akan melakukan penanaman, pemeliharaan, pengawasan serta evaluasi dan monitoring secara berkelanjutan. Setelah itu, akan diserahkan kepada masyarakat untuk pengelolaan berikutnya. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Samosir Ir. Juang Sinaga, Sekadakab. Samosir, Jabiat Sagala, para asisten dan pimpinan OPD. (***)

Editor: J. Marpaung
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment