IWO Asahan-Batubara Komit Tolak Berita Hoax

Foto bersama | ist
Partukkoan - Asahan 

Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Asahan dan Batubara berkomitmen melawan dan  menolak berita hoax, isu sara, dan menebar kebencian. 

Ketua terpilih Syafruddin Yusuf,  mengatakan, pada dasarnya IWO dibentuk untuk mempersatukan wartawan media online yang ada di wilayah Kabupaten Asahan dan Batubara dalam satu organisasi. 

"Kedepannya IWO, akan berusaha menjalin kerjasama kepada seluruh stakeholder yang ada di Pemkab Asahan - Batubara, dalam hal pemberitaan yang berimbang," imbuhnya.

"IWO akan meningkatkan kualitas rekan-rekan wartawan dalam masalah pemberitaan sesuai UU Pers dan kede etik pers. IWO Asahan dan Batubara, berkomitmen menolak berita Hoax, sara, dan menebar kebencian," lanjut Syafruddin Yusuf, ketika memberikan kata sambutan di acara pelantikan IWO Ashan dan Batubara, Selasa (9/10) sore. 

Pada waktu yang sama, Bupati Kabupaten Asahan yang di wakili Kadis Kominfo RH Siregat menyambut hangat visi-misi IWO Kabupaten Asahan dan Batubara yang baru saja dilantik. Dia berharap dengan terbentuknya IWO, kerjasama antara jurnalis dengan Pemkab Asahan dalam hal pemberitaan dapat terus terjalin dengan baik. 

"Kami berharap kepada pengurus IWO yang baru dilantik bisa bekerjasama dan sama-sama bekerja dengan Pemkab Asahan secara profesional dibidang jurnalistik. Untuk itu kami berharap kepada rekan-rekan dalam menyajikan  pemberitaan haruslah berimbang, sumbernya jelas, dan fakta," ungkap Siregar.

Sementara Ketua IWO Sumut Melianda yang turut hadir dan melantik ketua dan pengurus IWO Ashan dan Batubara, berharap, IWO akan menjadi organisasi wartawan yang masih menjaga ruh jurnalisme. Memanfaatkan tugas dan fungsinya menjadi wakil masyarakat dengan edukasi. 

"Menghasilkan berita-berita yang berimbang, tidak bohong dengan melakukan cek dan ricek. Dan jangan lupa untuk konfirmasi dengan sumber-sumber yang jelas," tandasnya.

Melianda melanjutkan, IWO akan memberikan sangsi tegas kepada para anggota yang tidak menjalankan fungsi sesuai amanah organisasi. Dan tugas serta fungai pers. 

"Saya berharap kepada para pengurus untuk mematuhi peraturan ini dalam memproduksi karya jurnalistiknya," tukasnya. (IWO Sumut)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment