Kasihan, Bocah Penderita HIV Ini Ditolak Warga Sekolah di Samosir

Kondisi Bocah inisial BK saat ini tampak kurus dan melemah sehingga dirujuk ke RS. Adam Malik untuk mendapat perawatan | foto: IST
Partukkoan - Samosir

Seorang bocah inisial BK (5) mendapat penolakan dari warga untuk melanjutkan sekolah di SD Negeri 2 Nainggolan lantaran dirinya mengidap penyakit HIV.   

BK awalnya sempat mengikuti proses belajar di sekolah tersebut selama 3 hari. Namun ia terpaksa berhenti karena para para orang tua murid di sekolah itu menolaknya dengan alasan takut anaknya juga turut tertular infeksi HIV /AIDS. 

Penolakan tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir, Rikardo Hutajulu saat dikonfirmasi wartawan pada Jumat, (5/10/3018).

"Pihak sekolah sebenarnya menerima anak itu mendaftar di SDN 2 Nainggolan, bahkan sempat sekolah selama 3 hari. Namun para orangtua keberatan dan menyerbu kepala sekolah nya untuk mendesak si anak tersebut dikeluarkan dari sekolah," kata Rikardo Hutajulu. 

Ricardo melanjutkan, pihaknya bahkan sempat mengajak Dinas Kesehatan untuk melakukan mediasi dan menjelaskan kepada warga bahwa virus HIV /AIDS hanya menular melalui transfusi darah, jarum suntik serta hubungan seksual. 

"Walaupun kami telah melakukan mediasi tersebut, namun warga dan orangtua tetap menolak anak itu bersekolah di situ," tambah Rikardo.  

Informasi yang dihimpun, BK merupakan pasien dan tinggal di RS. HKBP Nainggolan bersama 5 pasien lain yang juga penderita HIV /AIDS. 

Mirisnya, Bocah malang itu tidak didampingi orangtuanya di Rumah Sakit, tetapi hanya didampingi perawat dan tim peduli anak penderita HIV /AIDS. Saat ini,  kondisi bocah itu semakin melemah dan telah dirujuk ke RS. Adam Milik Medan. 

Kondisi itu juga dibenarkan Dr. Horas Rajagukguk, Sp.B ketika dikonfirmasi media ini pada Jumat, (5/10/2018).

"Benar, BK sekarang sudah di rawat di RS. Adam Malik Medan. Sebelumnya kami pernah mengunjungi BK di RS. HKBP Nainggolan bersama tim Tahun Kesehatan HKBP," pungkasnya.

Editor: J. Marpaung
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment