Ulos Samosir Tampil di Acara Annual Meeting Indonesia 2018 IMF-WBG

Partukkoan - Samosir

Ulos dari Samosir ditampilkan pada acara Annual Meeting Indonesia 2018 IMF-WBG yang diselenggarakan mulai tanggal 8 hingga 14 Oktober 2018 di Nusa Dua Bali. Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Menteri BUMN didampingi Menteri Koperasi UKM dan Kepala Badan Bekraf RI.

Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon mengaku bangga bahwa produk Ulos Samosir dipercaya untuk ditampilkan di pavilion Indonesia.

"Bayangkan, semua mata tertuju ke Ulos Batak, dan terspesial ulos yang diproduksi dari Negeri Kepingan Surga Ini, tentulah menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Samosir," tuturnya.

Rapidin mengajak seluruh elemen dari warga Samosir untuk melestarikan dan mendukung Samosir dalam peranannya dalam pergaulan antar bangsa.

Para peserta yang hadir dalam acara tersebut sebagian besar merupakan pejabat dan kepala negara, menteri di bidang ekonomi dan gubernur bank sentral serta para pengusaha, investor, juga pimpinan dari lembaga terkait yang jadi pemangku kepentingan ekonomi dari banyak negara.

Peserta yang hadir diperkirakan lebih dari 34.000 orang yang merupakan perwakilan dari 189 negara anggota IMF. Samosir terpilh dari ratusan Kabupaten/Kota di Indonesia untuk membuka boot/stan di acara tersebut. Boot yang dibuatkan Kabupaten Samosir menampilkan ulos.

Perlu diketahui, ulos merupakan kain tenun khas Batak berbentuk selendang yang tetap lestari sebagai warisan budaya leluhur nenek moyang bangso batak dan merupakan benda yang dianggap sakral sebagai simbol restu, kasih sayang dan persatuan bagi masyarakat Batak. Ulos diharapkan akan menjadi sorotan dunia dalam Annual Meeting Indonesia 2018 IMF – WBG di Nusa Dua Bali.

Saatnya ulos menjadi produk unggulan Indonesia karena dengan keunikannya, baik dalam proses pembuatanya sekaligus makna yang terkandung didalamnya, kemudian energi dibalik simbol ulos tersebut.

Daerah yang ikut menampilkan kain tenun kas daerahnya ialah Kabupaten Samosir Sumatera Utara dan Kabupaten Soppeng Sulawesi Seletan.

Beberapa jenis ulos yang ditampilkan dalam acara itu diantaranya Ulos Sibolang, Ulos Harungguan, Ulos Ragi Hotang, Ragi Hidup, Ulos Suri-suri Ganjang dan Ulos Karo.

Editor: JM
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment