Samosir Gelar Rakor Pemilu 2019


Partukkoan - Samosir 

Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon menghadiri Rapat Kordinasi dalam Rangka Pemilihan Umum 2019 yang digelar di  Aula Hotel Grand Dainang, Selasa (27/11). 

Turut hadir Ketua DPRD Kab. Samosir, Kapolres Samosir, Dandim 0210 TU (PABUNG SAMOSIR), TIM PEMERIKSA DKPP PROV. SUMUT, SKPD Terkait, Pimpinan Partai Politik Se-Kab.Samosir, LSM/Pers, FKTM, FKUB dan undangan lainnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan komitmen kesepakatan bersama seluruh pemangku kepentingan/stakeholder, juga mewujudkan pemahaman bersama dalam pengawasan Pemilu 2019.

Ketua Bawaslu Anggiat Sinaga secara langsung membuka rapat koordinasi tersebut.

Dalam sambutannya, Anggiat menyampaikan salah satu proses tahapan Pemilu adalah masalah dugaan pelanggaran Alat Peraga Kampanye (APK) sesuai dengan amanat UU dan regulasi yang harus dilaporkan dan dikoordinasikan kepada Pemerintah, pihak keamanan dan stakeholder. 

"Untuk itu pihak Bawaslu meminta bantuan kepada instansi terkait dimaksud," katanya.

Kapolres Samosir AKBP Agus Darojat memaparkan potensi-potensi pelanggaran dalam tahapan Pemilu yang dapat menimbulkan kerawanan salah satunya adalah masalah APK dan potensi masalah pemilih, perhitungan suara serta masalah lainnya.

"Oleh karena itu diperlukan penyamaan persepsi melalui koordinasi seperti halnya rapat ini sehingga permasalahan yang akan berdampak masalah hukum dapat dihindari," imbuhnya.

Jajaran kepolisian lanjut Agus, sudah melakukan langkah-langkah pengamanan proses dimaksud dengan kegiatan operasi khusus yang berbeda dengan kegiatan rutin kepolisian, meskipun anggarannya belum tersedia, demi kelancaran proses Pemilu 2019 yang mendapat aplus peserta rapat.

Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon mengapresiasi kinerja Bawaslu dan KPU Indonesia khususnya Samosir selaku penyelenggara serta para narasumber yang hadir saat ini.

Dirinya berharap agar semua lini yang terkait dengan penyelenggaraan Pemilu 2019 dapat berkoordinasi dengan baik, sehingga menghasilkan pemilu yang berkualitas sesuai harapan rakyat. Sebagai bentuk dukungan Pemerintah Daerah terhadap penyelenggaraan Pemilu 2019, berupa penugasan personil khususnya penugasan sekretariat Bawaslu, Panwascam, dan PPL.

Pemerintah juga mendukung sarana dan prasarana mobiler dan sarana pendukung lainnya sesuai kemampuan daerah, melakukan pendukungan sosilisai baik dari pendanaan maupun personil. Memonitoring Pemilu mulai dari pendistribusian logistik hingga hingga pelaksanaan serta membentuk Tim dukungan kelancaran Pemilu sesuai Permendagri Nomor 61 Tahun 2011 dan dukungan lainnya.

ASN Kabupaten Samosir kata Bupati Samosir diharapkan untuk tidak terlibat kegiatan kampanye, tidak menggunakan fasilitas dan jabatan pada kegiatan kampanye, tidak memihak terhadap calon peserta pemilu baik dalam media sosial dan tidak menyebarkan hoax dan hate speech (ujaran kebencian)

Akhir acara kemudian dilakukan penandatanganan kesepakatan untuk kesuksesan Pemilu khusunya dalam bidang pengawasan.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment