Berikut Pasukan Elite TNI Yang Sering Dilibatkan di Daerah Konflik

Tontaipur Kostrad TNI | Instagram
Partukkoan

Bangsa Indonesia patut bangga dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang memiliki kemampuan dalam berbagai operasi. Dan kemampuan itu juga sudah diakui dunia internasional. 

Bukan hanya sekedar kata-kata, pasukan elite TNI memang dilatih dengan keras dan memiliki persenjataan yang cukup canggih. Dan hal itu juga terbukti dari berbagai keberhasilan pasukan elite tersebut dalam berbagai operasi.

Dilansir dari merdeka.com, Rabu (05/12/2018), khusus pasukan elite TNI sering diterjunkan di daerah konflik seperti di Papua. Di Tanah Papua peran TNI sangat dibutuhkan untuk menjaga bumi cenderawasih dari pemberontakan yang sering kali terjadi oleh pasukan bersenjata.

Beberapa pasukan elit TNI yang dinilai sesuai untuk memburu pemberontak Papua:

1. Kopassus

Kopassus | Instagram
Komando Pasukan Khusus atau Kopassus merupakan pasukan elit milik TNI Angkatan Darat. Kopassus memiliki kemampuan khusus seperti bergerak cepat di setiap medan, menembak dengan tepat, pengintaian, dan anti teror.

Kemampuan Kopassus tidak bisa dipandang sebelah mata, Kopassus berhasil dalam operasi Pembebasan Sandera. Salah satunya di Banti Papua akhir tahun 2017 yang lalu. Jumlah warga yang berhasil dievakuasi dari Kampung Kimbely sebanyak 104 laki-laki, 32 perempuan dan 14 anak-anak serta dari Kampung Longsoran sebanyak 153 laki-laki (satu di antaranya orang asli Papua), 31 perempuan dan 10 anak-anak.

2. Batalyon 751/Raider

Sumber foto: Instagram
Pasukan ini mempunyai tugas Operasi yang bersifat khusus yaitu, Teknik Driil Kontak, Infiltrasi atau penyusupan, eksfiltrasi, Mobud, Ralasuntai, Raid Baswan, Raid Penghancuran.

Kemapuannya tidak perlu diragukan lagi, pada 7 Juni 2014, anggota TNI dari Batalyon Infanteri (Yonif) 751/Vira Jaya Sakti Kodam XVII/Cenderawasih yang bertugas di Distrik Tingginambut, Kabupaten Puncak Jaya berhasil menembak mati Komandan Organisasi Papua Merdeka (OPM). 

Kontak senjata itu terjadi sekira pukul 05.00 pagi, pada saat kejadian prajurit TNI sedang berpatroli di wilayah sekitar Distrik Tingginambut, Kabupaten Puncak Jaya, Papua.

Batalyon 751/Raider bersama Kopassus juga melakukan operasi Pembebasan Sandera di Camp Kimbely, Tembagapura, Papua pada November 2017 lalu. Sebanyak 13 Anggota Kopassus dan 30 pasukan elite Batalyon 751 Raider ditugaskan untuk merebut Camp Kimbely. Sementara 2 tim Peleton Intai Tempur Kostrad atau Tontaipur kebagian jatah menghabisi kelompok separatis di Dusun Binti. Secara keseluruhan misi berjalan dengan sukses.

3. Tontaipur Kostrad

Kemudian dalam hal Pengintaian dan Pertempuran (Taipur)/ Peleton Intai Tempur (Intai Tempur) merupakan pasukan berkualifikasi intelijen tempur Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat. Pembinaan satuan berada di Batalyon Intelijen Kostrad dan dalam pengoperasian dibawah kendali Panglima Kostrad.

Tontaipur Kostrad memiliki kemampuan khusus dengan ketrampilan-ketrampilan tempur juga persenjataan dan perlengkapan khusus, seperti alat selam tempur close circuit, kendaraan bawah air dan berbagai jenis senjata canggih lainnya, guna melaksanakan operasi tempur dengan hasil yang optimal. (mdk/P)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment