Kementerian PP dan PA Bersama Pemkab Samosir Gelar Sosialisasi Penyakit HIV/ AIDS

Kepala Dinas PPAMD Kabupaten Samosir Rawati Simbolon saat menyampaikan laporan dalam acara diskusi Publik Kilau Generasi Bebas HIV/AIDS di Samosir Cottage Tuktuk Siadong, Kecamatan Simanindo, Senin (17/12) | ist
Partukkoan - Simanindo

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI yang bekerjasama dengan Dinas PPAMD Kabupaten Samosir menggelar acara sosialisasi Penyakit HIV/AIDS yang diberi tajuk sebagai Diskusi Publik Kilau Generasi Bebas HIV/AIDS di Samosir Cottage Tuktuk Siadong, Kecamatan Simanindo, Senin (17/12).

Acara tersebut dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Samosir Jabiat Sagala.

Turut hadir pada acara ini beberapa Pimpinan OPD, Camat, Kepala Desa/Lurah, PKK, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, pelajar dan Komunitas Peduli HIV/AIDS. 

Direktur Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial & Korban Perdagangan Orang Kemensos RI Sonny W Manalu, Asdep Perlindungan Anak dalam Situasi Darurat dan Pornografi Kementerian PPPA Drs. Dermawan, M.Si, Yayasan AIDS Indonesia dan Komite AIDS HKBP menjadi Nara sumber dalam acara itu.

Kepala Dinas PPAMD Kabupaten Samosir Rawati Simbolon menyampaikan, latar belakang dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk mengetahui penyakit yang disebabkan oleh Virus HIV dan AIDS yang merupakan virus yang sangat berbahaya dan jumlah penderitanya semakin bertambah setiap tahun.

"Maka perlu dilakukan diskusi publik dalam upaya pencegahan dan penanggulangan bahaya HIV dan AIDS," imbuhnya.

Melalui kegiatan lanjut Rawati, diharapkan para remaja, orangtua dan pemangku kepentingan di Kabupaten Samosir memahamai bahaya tata cara penularan dan pencegahan HIV/AIDS.

Sementara, Sekretaris Daerah Jabiat Sagala dalam sambutannya mengucapkan apresiasi kepada pihak Kementerian PPPA RI yang telah melaksanakan acara ini di Kabupaten Samosir. 

Kegiatan ini kata Jabiat sangat perlu dalam memberikan pemahaman sekaligus upaya pencegahan dan penanggulangan HIV dan AIDS di Kabupaten Samosir.

Jabiat Sagala berharap agar para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius sehingga memperoleh pengetahuan yang luas tentang bahaya HIV dan AIDS, serta dapat membagi ilmunya kepada masyarakat. 

"Melalui diskusi ini diharapkan juga dapat menguatkan komitmen masing-masing untuk terlibat langsung dalam pencegahan HIV dan AIDS demi generasi masa depan yang gemilang," tutur Jabiat Sagala. (JM)

loading...
Share on Google Plus

Tentang Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment