Jelang Debat, Mahfud MD: Kisi-kisi Materi Tak Pengaruhi Penampilan Paslon

Mahfud MD
Partukkoan 

Kisi-kisi materi debat yang dibocorkan Komisi Pemilihan Umum jelang Debat Kandidat kepada dua pasangan calon presiden-wakil presiden tidak akan memengaruhi penampilan kedua paslon saat debat kandidat perdana pada Kamis, 17 Januari 2019 nanti. 

Hal ini dikatakan Mantan Ketua Mahkamah Konstitusti Mahfud MD pada acara Gerakan Suluh Kebangsaan di Surabaya, Jawa Timur, pada Selasa malam, 15 Januari 2019.

Menurutnya kedua paslon sudah pasti akan mempersiapkan secara baik menghadapi debat.

Mahfud mengibaratkan bocoran kisi-kisi materi debat capres-cawapres dari KPU itu laiknya kurikulum dan silabus dalam sistim pengajaran di sekolah. Kendati begitu, nilai masing-masing peserta didik tidak sama. 

"Kita kalau mau ujian saja ada kurikulumnya, ada silabusnya, misalnya belajar sistem pemerintahan Indonesia, maka kalau di semester dua akan ada silabusnya," ucapnya seperti dilansir viva.co.id.

Debat kandidat lanjut Mahfud, tidak begitu besar pengaruhnya dalam upaya meraih simpati calon pemilih. Sebab, hampir separuh dari masyarakat Indonesia saat ini sebetulnya sudah menentukan pilihan politik pada pilpres. Pengaruh debat kandidat secara politik tetap ada namun sedikit.

"Saya kira debat itu nanti juga akan mempengaruhi oleh sebab itu kedua calon itu tentu sudah mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya dan sadar tentang pengaruhnya terhadap masyarakat," lanjut Guru Besar Hukum Tata Negara itu.

Mahfud menyebutkan, masyarakat harus kritis dalam melihat kedua paslon saat debat nanti. “Masyarakat juga harus kritis, mencermati sebaik-baiknya apa yang dijanjikan di dalam debat itu, dalam memberantas korupsi dan menyelesaikan kasus-kasus pelanggaran HAM di masa lalu dan terorisme juga,” imbuh Mahfud.

Ia berharap masyarakat mencermati strategi yang dipilih oleh calon presiden untuk memberantas korupsi. "Karena kalau semua capres pasti ingin memberantas korupsi, tapi kita lihat strategi dan track record masing-masing calon," pungkas Mahfud.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Dedi Sitanggang

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment