Komisi V DPR RI Kunjungi Kabupaten Samosir


Partukkoan

Komisi V DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Samosir, Rabu (30/01/2019). Kunjungan itu disambut baik disambut Bupati, Wakil Bupati Samosir bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Para Asisten dan pimpinan OPD Kabupaten Samosir di Menara pandang Tele.

Komisi V DPR RI yang terdiri dari Wakil ketua Komisi V DPR RI Ibnu Munzir, Jhony Allen Marbun, KH. Muh. Unais Ali Hisyam, H. Abdul Latief Hanafiah dan Sahat Silaban beserta mitra kerja yang terdiri dari Direktorat Perencanaan dan Identifikasi Daerah tertinggal, Direktorat Cipta Karya, Direktorat Sumber daya air, Kementerian Perhubungan, Basarnas, BMKG, Kepala BWS Sumatera II, dan Kepala Satker Pembangunan Bendungan BWS Sumatera II menikmati kopi Samosir dan makanan khas Samosir di Rest Area Menara Pandang Tele.

Kesempatan itu rombongan selanjutnya meninjau rencana pembangunan dan progres pembangunan infrastruktur dan transportasi yang sudah berlangsung yang pendanaannya dari APBN dengan sumber dana dari berbagai kementerian. 

Beberapa titik yang dikunjungi antara lain, rencana pembangunan jalan lingkar luar Samosir simpang gotting ke Janji Raja, rencana penataan Batu Hobon, progres pekerjaan pelebaran alur Tano Ponggol, pembangunan pasar tradisional Onan Baru dan rencana revitalisasi, peningkatan infrastruktur RSUD Hadrianus Sinaga dan penataan pantai sepanjang jalan Putri Lopian serta meninjau progres pembangunan di Pelabuhan Ambarita.

Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM menyampaikan proposal kepada Wakil Ketua Komisi V DPR RI terkait usulan yang merupakan prioritas untuk pembangunan di Kabupaten Samosir. 

Dikatakannya, bahwa Kabupaten Samosir masih sangat membutuhkan bantuan pusat dikarenakan APBD Kabupaten Samosir masih sedikit. 

"Akan tetapi dengan APBD yang relatif masih kecil tersebut, kami berusaha mengelola dan memanfaatkannya untuk pembangunan dengan pengelolaan keuangan yang baik dan tepat sasaran," kata Rapidin.

Pemkab Samosir kata Rapidin sangat mengapresiasi dan menghargai kunjungan komisi V dan PUPR dan berharap setelah pertemuan dan kunker ke lapangan akan ada wujudnya dan semua itu untuk kesejahteraan rakyat samosir. 

"Karena Samosir adalah bagian NKRI yang layak untuk dibangun sebagai daerah tujuan wisata," tutur Bupati Samosir Rapidin Simbolon.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ibnu Munzir mengatakan bahwa kunjungan kerja spesifik komisi V DPR RI adalah untuk mencari, melihat dan meninjau kondisi Kabupaten Samosir. 

"Melihat apa yang sudah terlaksana dan bagaimana pertumbuhan ekonomi daerah serta mendengarkan aspirasi masyarakat. Selanjutnya membantu mewujudkan pembangunannya demi masyarakat sejahtera," katanya.

Ditambahkannya, kunker spesifik komisi V akan menjadi dasar pemberian bantuan ke daerah dan akan ikut berjuang untuk Samosir. 

Ibnu Munzir mengingatkan mitra kerja dari kementerian untuk mencatat seluruh kebutuhan yang diusulkan Bupati Samosir dan diusulkan sehingga kunjungan kerja tersebut membuahkan hasil.

Hal senada dikatakan Jonny Allen Marbun agar mitra kerja agar memberikan perhatian dan mengusulkannya. 

"Ini untuk pemerataan pembangunan dan membantu mewujudkan Kawasan Strategis Danau Toba dan juga untuk pemerataan penduduk. Jika Daerah ini sudah maju maka akan dapat mengurangi kepadatan penduduk di daerah Jawa," tambah Jonny Allen.

Sementara Sahat Silaban menyampaikan sebagai daerah wisata hal yang paling penting adalah infrastruktur.

"Danau toba sebagai DTW sebagaimana tertuang dalam nawacita presiden dan wajib didukung oleh seluruh kementerian dalam hal ini mitra kerja Komisi V DPR RI," kata Sahat Silaban.

Pantauan di lokasi, Bupati Samosir, Wakil Bupati Samosir beserta FKPD memberikan cindera mata berupa uloa kepada Komisi V DPR RI dan mitra kerja komisi V DPR RI sebagai ungkapan terima kasih atas kunjungan tersebut. (JM)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment