Tiga Wilayah Ini Diguncang Gempa Hari Ini

Ilustrasi
Partukkoan 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis beberapa gempa yang terjadi di Tanah Air, Minggu (13/1/2019). Di mulai pukul 04.48 WIB hingga siang tadi, pukul 14.17 WIB.

Dalam rilisnya, kekuatan gempa terjadi di tiga wilayah Indonesia, yaitu di Maluku Tenggara Barat, Pulau Morotai hingga dua kali, dan timur laut Padang Panjang, Sumatera Barat. 

Besaran gempa yang ditimbulkan tiap daerah berbeda-beda. Maluku Tenggara Barat hari ini diguncang gempa dengan magnitudo 5,2, Pulau Morotai bermagnitudo 5,0 dan 4,5. Sementara Padang Panjang dengan magnitudo 3,3. 

Lewat laman resminya, BMKG melaporkan pusat gempa berada pada -7,36 Lintang Selatan (LS) dan 129,28 Bujur Timur (BT). Tepatnya berada di 232 kilometer Barat Laut Maluku Tenggara Barat.

Kemudian kedalaman gempa mencapai 10 kilometer. Sampai saat ini belum ada informasi apapun terkait dampak akibat lindu maupun potensi tsunami yang ditimbulkan.

Dengan pusat gempa berada di 3.47 LS, 128,6 BT. Atau lebih tepatnya di 124 timor laut Pulau Morotai.

Selang dua jam kemudian, tepatnya pukul 10.36 WIB, Pulau Morotai kembali digucang gempa. Pusat gempa berada di laut pada kedalaman 25 kilometer.

Gempa magnitudo 4,5 tersebut berada di 2,72 Lintang Utara (LU) dan 128,48 Bujur Timur (BT) atau tepatnya di 40 km timur laut Pulau Morotai. 

Belum ada laporan terkait kerusakan yang diakibatkan gempa. Gempa berada di darat dengan kedalaman mencapai 10 kilometer. 

BMKG menginformasikan pusat gempa terletak pada 8,43 LS  dan 116,93 BT. Atau tepatnya di 3 kilometer timut laut Padang Panjang. (lp6)

loading...
Share on Google Plus

Tentang Dedi Sitanggang

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment