Edan, Pengemis Mau Berhenti Asal Diberi Pesangon Rp. 5 Juta Per bulan


Partukkoan - Makassar

Pengemis saat ini memang semakin banyak, hal tersebut diduga karena banyaknya jumlah hasil yang didapat dari hasil mengemis. Seperti diketahu, pengemis di Makassar pendapatannya mencapai ratusan ribu rupiah per hari. 

Namum anehnya, mereka mengaku siap untuk berhenti menjadi pengemis asalkan diberi uang pensiun Rp 5 juta per bulan.

"Dulu pernah kita kumpulkan pengemis yang menderita kusta. Mereka bilang mau berhenti jika dapat uang hidup Rp 5 juta per bulan," kata Kepala Seksi Disabilitas Dinsos Kota Makassar Hasna dikutip dari detikcom, Jumat (8/2/2019).

Dikatakannya, dengan "uang hidup" tersebut, para pengemis ini berjanji tidak akan berkeliaran lagi di jalan-jalan. Tentu saja permintaan itu tidak dapat disanggupi oleh pihaknya. Diakuinya memang ada dana tunjangan bagi para tunawisma ini dari pemerintah, namun nilainya tidak sebesar keinginan mereka.

"Alasan mereka kan tidak punya kerjaan. Jadi mereka minta uang hidup seperti itu. Kalah dong jadi PNS," katanya.

Dia menambahkan, rata-rata pengemis di Makassar sering 'bermain peran' di hadapan masyarakat untuk mendapatkan simpati. "Ada dulu pincang kakinya saat mengemis. Saat mau ditangkap, dia bisa lari," ungkapnya.

Pada tahun 2017 Ia bahkan mengatakan jika pihaknya menangkap seorang pengemis yang mendapatkan uang hingga jutaan rupiah. 

"Habis tahun baru saat itu. Kita periksa kantongnya ada jutaan rupiah di sana. Dia kumpulkan dalam waktu hanya seminggu," tutur Hasna.

Namun sayang, Hasna mengaku tidak punya data lengkap berapa jumlah pengemis yang saat ini berada di Makassar. Hal ini karena banyak pengemis yang datang dari luar kota. (***)

loading...
Share on Google Plus

Tentang Hatoguan Sitanggang

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment